PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI SISWA KELAS VII

  • Yusnita Sitinjak Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Jumaria Sirait Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Marlina Agkris Tambunan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Marlina Agkris Tambunan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Immanuel Doclas Belmondo Silitonga Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 7 Pematangsiantar. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuantitatif dengan menggunakan Designe Eksperimen One Group Pretest-postest. Berdasarkan data yang telah diperoleh serta pengujian hipotesis yang telah dilakukan, maka diambil kesimpulan sebagai berikut :Hasil kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Pematangsiantar sebelum diterapkan model think talk write diperoleh nilai rata-rata kategori kurang, yakni 62,37. Sedangkan hasil kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Pematangsiantar sesudah diterapkan model think talk write diperoleh nilai rata-rata kategori baik, yakni 74,28.Dari hasil analisis uji pengaruh model pembelajaran think talk write terhadap kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa kelas VII-4 SMP Negeri 7 Pematangsiantar. Maka ha diterima terdapat pengaruh model pembelajaran think talk write terhadap menulis paragraf deskripsi pada tingkat kepercayaan 95% thitung=5.06 > ttabel= 1,69

Published
Mar 2, 2025
How to Cite
SITINJAK, Yusnita et al. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI SISWA KELAS VII. Jurnal Teknologi Mesin UDA, [S.l.], v. 2, n. 2, mar. 2025. ISSN 2776-2068. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/teknologimesin/article/view/5587>. Date accessed: 04 mar. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/teknologimesin.v2i2.5587.
Section
Articles