PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS VIII

  • Chuyn Evelina Simanjuntak Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Jumaria Sirait Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Vita Riahni Saragih Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Marlina Agkris Tambunan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Junifer Siregar Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Pematangsiantar. Jenis penelitian yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian Berdasarkan data yang telah diperoleh serta pengujian hipotesis yang telah dilakukan, maka diambil kesimpulan sebagai berikut: Hasil keterampilan menulis teks eksposisi pada pretest siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 3 Pematangsiantar sebelum menggunakan model pembelajaran problem based learning berada pada kategori kurang, dengan skor rata-rata 58,87.Hasil keterampilan menulis teks eksposisi pada postest siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 3 Pematangsiantar sesudah menggunakan model pembelajaran problem based learning barada pada kategori baik, dengan skor rata-rata 73,54.Dari hasil analisis uji pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 3 Pematangsiantar. Maka Ha diterima terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan menulis teks eksposisi pada tingkat kepercayaan 95% thitung = 6,79 > ttable = 1,

Published
Mar 2, 2025
How to Cite
SIMANJUNTAK, Chuyn Evelina et al. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS VIII. Jurnal Teknologi Mesin UDA, [S.l.], v. 2, n. 2, mar. 2025. ISSN 2776-2068. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/teknologimesin/article/view/5586>. Date accessed: 04 mar. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/teknologimesin.v2i2.5586.
Section
Articles