PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 097805 RAMBUNG MERAH

  • Eka Febriani Br Barus Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Emelda Thesalonika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Nancy Angelia Purba Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V pada pembelajaran jenis usaha dengan mengelola sumber daya alam di SD Negeri 097805 Rambung Merah atau tidak. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian Pre- Eksperimental Design yang menggunakan desain "One Group Pretest Posttest Design". Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 097805 Rambung Merah yang berjumlah 23 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes, pretest dan posttest. Pada penelitian ini diperoleh nilai rata-rata pretest 55,13, sedangkan pada posttest diperoleh 85,57 yang artinya bahwa nilai rata-rata posttest lebih unggul dari nilai rata-rata pretest. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa t_hitung 13.726 dan t_(tabel )  1.717 maka diperoleh t_hitung > t_(tabel )   atau 13.726 > 1.717 dengan taraf signifikan 0.05. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL)   terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V pada pembelajaran jenis usaha dengan mengelola sumber daya alam di SD Negeri 097805 Rambung Merah. Ini berarti H_a diterima dan H_0 ditolak.

Published
Feb 10, 2025
How to Cite
BR BARUS, Eka Febriani; THESALONIKA, Emelda; PURBA, Nancy Angelia. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 097805 RAMBUNG MERAH. Jurnal Teknologi Mesin UDA, [S.l.], v. 2, n. 2, feb. 2025. ISSN 2776-2068. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/teknologimesin/article/view/5506>. Date accessed: 04 mar. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/teknologimesin.v2i2.5506.
Section
Articles