PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 097805 RAMBUNG MERAH
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V pada pembelajaran jenis usaha dengan mengelola sumber daya alam di SD Negeri 097805 Rambung Merah atau tidak. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian Pre- Eksperimental Design yang menggunakan desain "One Group Pretest Posttest Design". Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 097805 Rambung Merah yang berjumlah 23 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes, pretest dan posttest. Pada penelitian ini diperoleh nilai rata-rata pretest 55,13, sedangkan pada posttest diperoleh 85,57 yang artinya bahwa nilai rata-rata posttest lebih unggul dari nilai rata-rata pretest. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa t_hitung 13.726 dan t_(tabel ) 1.717 maka diperoleh t_hitung > t_(tabel ) atau 13.726 > 1.717 dengan taraf signifikan 0.05. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V pada pembelajaran jenis usaha dengan mengelola sumber daya alam di SD Negeri 097805 Rambung Merah. Ini berarti H_a diterima dan H_0 ditolak.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.