ANALISIS PENGARUH SIZE, PROFITABILITAS DAN LEVERAGETERHADAP PENGUNGUKAPAN CSR PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

  • Hormaingat Damanik Universitas Darma Agung
  • Lamminar Hutabarat Universitas Darma Agung
  • Lomidan Hutajullu Universitas Darma Agung
  • Asazatulo Giawa Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Size, profitabilitas, dan leverage terhadap pengungkapan CSR pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia. Periode penelitian dimulai dari tahun 2017-2020. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data dan uji hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang perusahaan sektor pertanian yang sudah terdaftar dibursa efek indonesia. Dari populasi sebanyak 21 perusahaan diperoleh 7 perusahaan manufaktur yang memenuhi kriteria sampel dalam penelitian ini. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi logisti. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa Size (Total Asset) tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. Hal ini di buktikan dengan nilai signifikan 0,187 > 0,05.. Profitabilitas (ROA) tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. Hal ini di buktikan dengan nilai signifikan 0,703  > 0,05.. Leverage (DER) tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. Hal ini di buktikan dengan nilai signifikan 0,759 > 0,05 dengan tingkat signifikan lebih besar dari taraf sinigfikan yang telah di tetapkan. Secara bersama – sama (simultan) variabel ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage perusahaan tidak berpengaruh  terhadap variabel tingkat pengungkapan CSR. Hal ini dibuktikan dengan signifikan sebesar 0,470 > 0,05.

Published
Mar 31, 2022
How to Cite
DAMANIK, Hormaingat et al. ANALISIS PENGARUH SIZE, PROFITABILITAS DAN LEVERAGETERHADAP PENGUNGUKAPAN CSR PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. JURNAL NERACA AGUNG, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 18-32, mar. 2022. ISSN 2088-7884. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/neraca/article/view/1467>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/neraca.v12i1.1467.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>