PELAKSANAAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN EKOSISTEM DAN EKONOMI WISATA SUMATERA UTARA (STUDI BALAP F1H2O DI LOKASI DANAU TOBA)

  • Robinson Robinson Universitas Prima Indonesia
  • Rudy Hartono Universitas Prima Indonesia
  • Marolop ButarButar Universitas Prima Indonesia
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i1.3129

Abstrak

Lingkungan menjadi bagian terpenting dari kehidupan manusia terutama untuk generasi mendatang. Penerapan lingkungan hingga sekarang membutuhkan perhatian yang khusus terutama untuk pembangunan berkelanjutan. Hal ini menjadi perhatian khusu terutama dengan adanya acara yang cukup besar yakni balap F1H2O yang di adakan disalah satu tempat yang baru disahkan sebagai grobal geopark yakni di Danau Toba, Sumatera Utara, Indonesia, Metode penelitian ini mengunakan metode yuridis empiris yakni menguji kejadian yang terjadi dibandingkan dengan Peraturan perundang-undangan yang berlaku. Hasil analisis dari penelitian ini yakni pengaturan yang mengatur tentang lingkungan hidup serta peran serta aturan dibawah Undang-Undang telah baik, sehingga hanya perlu penerapan yang tegas atas pemberlakuan Peraturan yang ada. Perlunya perhatian khusus terutama pengembangan mental dari masyarakat serta pejabat yang menjalankan, tidak jepas juga masih minimnya pemahaman masyarakat serta penerapan pembangunan berkelanjutan yang memiliki efek tidak hanya pada sekarang tetapi juga pada generasi yang akan datang. Pengawasan atas balap F1H2O dinilai telah sukses menarik minat bagi investor maupun pengada acara, tetapi hal ini juga menarik beberapa tanggapan seperti masih kurangnya pemerintah menarik budaya lokal sebagai nilai khusus yang tidak boleh dibuang.

Diterbitkan
Apr 26, 2023
##submission.howToCite##
ROBINSON, Robinson; HARTONO, Rudy; BUTARBUTAR, Marolop. PELAKSANAAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN EKOSISTEM DAN EKONOMI WISATA SUMATERA UTARA (STUDI BALAP F1H2O DI LOKASI DANAU TOBA). JURNAL DARMA AGUNG, [S.l.], v. 31, n. 1, p. 756 - 768, apr. 2023. ISSN 2654-3915. Tersedia pada: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3129>. Tanggal Akses: 18 may 2024 doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i1.3129.
Bagian
Artikel