RESPON PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SAWI PAK COY (Brassica rapa L.) TERHADAP PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR (POC) DAN PUPUK KALIUM

  • Fandy Putra Halawa Universitas Darma Agung
  • Ramerson J. Sumbayak Universitas Darma Agung
  • Fransiskus Gultom Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui respon pertumbuhan dan produksi tanaman sawi pak coy (Brassica rapa L.) terhadap pemberian pupuk organik cair (POC); mengetahui respon pertumbuhan dan produksi tanaman sawi pak coy (Brassica rapa L.) terhadap pemberian pupuk kalium, dan mengetahui respon pertumbuhan dan produksi tanaman sawi pak coy (Brassica rapa L.) terhadap interaksi pemberian POC dan pupuk kalium. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial 3x3 dengan 3 ulangan dengan total kombinasi perlakuan sebanyak 9 perlakuan. Faktor dosis pupuk organik cair (POC) M-Bio Porasi (P) terdiri atas 3 taraf, yaitu: P0 = Tanpa pupuk organik cair (POC) M-Bio Porasi, P1 = 10 cc/liter, dan P2 = 15 cc/liter, sedangkan Faktor dosis pupuk kalium (K) terdiri atas 3 taraf, yaitu: K1 = 15 g/plot K2 = 20 g/plot, dan K3 = 25 g/plot. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, diperoleh kesimpulan antara lain: 1). Ada respon pertumbuhan dan produksi tanaman sawi pak coy (Brassica rapa L.) terhadap perlakuan pemberian POC. Perlakuan pemberian POC memberikan pengaruh sangat nyata terhadap semua pengamatan. 2). Ada respon pertumbuhan dan produksi tanaman sawi pak coy (Brassica rapa L.) terhadap pemberian pupuk kalium. Perlakuan pemberian pupuk kalium memberikan pengaruh sangat nyata terhadap semua pengamatan, dan 3. Tidak ada respon pertumbuhan dan produksi tanaman sawi pak coy (Brassica rapa L.) terhadap interaksi pemberian POC dan pupuk kalium.

Published
Sep 30, 2023
How to Cite
HALAWA, Fandy Putra; SUMBAYAK, Ramerson J.; GULTOM, Fransiskus. RESPON PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SAWI PAK COY (Brassica rapa L.) TERHADAP PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR (POC) DAN PUPUK KALIUM. JURNAL AGROTEKDA, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 138 - 153, sep. 2023. ISSN 2715-2413. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/agrotekda/article/view/3881>. Date accessed: 28 feb. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/agrotekda.v7i1.3881.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>