PENGARUH PEMBERIAN PUPUK MABAR FINE COMPOST DAN PUPUK KALIUM TERHADAP TUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN KACANG TANAH (Arachis hypogaea L)

  • Ramerson J. Sumbayak Universitas Darma Agung
  • Daniel Antonius Pasaribu Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Mei 2018 sampai dengan Agustus 2018. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang disusun secara faktorial dengan menggunakan dua faktorial perlakuan. Faktor pertama adalah pupuk Mabar Fine Compost (M), yang terdiri dari 3 taraf yaitu: M1 = 250 g/plot, M2 = 500 g/plot dan M3 = 750 g/plot. Faktor kedua adalah pupuk KCl, yang terdiri dari 3 taraf dengan simbol K yaitu: K1 = 80 kg/ha (12 g/plot), K2 = 100 kg/ha (15 g/plot) dan K3 = 120 kg/ha (18 g/plot). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, perlakuan pemberian Mabar Fine Compost berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah ginofor, jumlah cabang utama, jumlah polong berisi per tanaman, jumlah polong hampa per tanaman, bobot polong kering per plot dan bobot kering 100 biji, tetapi berpengaruh tidak nyata terhadap laju tumbuh relatif. Perlakuan dosis KCl terhadap berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah ginofor, jumlah cabang utama, jumlah polong berisi per tanaman, jumlah polong hampa per tanaman, bobot polong kering per plot dan bobot kering 100 biji, tetapi berpengaruh tidak nyata terhadap laju tumbuh relatif. Interaksi antara Mabar Fine Compost dan dosis pupuk KCl berpengaruh tidak nyata terhadap seluruh parameter yang diamati.

Published
Jul 17, 2019
How to Cite
SUMBAYAK, Ramerson J.; PASARIBU, Daniel Antonius. PENGARUH PEMBERIAN PUPUK MABAR FINE COMPOST DAN PUPUK KALIUM TERHADAP TUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN KACANG TANAH (Arachis hypogaea L). JURNAL AGROTEKDA, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 38-45, july 2019. ISSN 2715-2413. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/agrotekda/article/view/255>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)