ANALISA PERHITUNGAN TEKANAN SCREW PRESS PADA PROSES PENGEPRESAN DAGING BUAH MENJADI CRUDE PALM OILDI UNIT PRESSAN PT.PP.LONDON SUMATERA,TBK PKS BEGERPANG PALM OIL MILL

  • Kristian Tarigan Universitas Darma Agung
  • Trisno Sinaga

Abstract

Salah satu alat yang digunakan pada system pengepressan adalah screw press, yang mana alat ini berguna memisahkan minyak dari daging buah. Pada proses ini buah masuk dan digiling oleh poros berulir ataupun worm screw press yang membawa dan menekan massa buah yang masuk kedalam press cage. Disisi lain terdapat system hidrolik berupa batang berbentuk konus pada bagian ujungnya yang berfungsi untuk mempersempit keluar masuknya massa buah. Hal ini mengakibatkan buah terdesak dan tertekan sehingga minyak keluar dari daging buah. Dikarenakan banyaknya kerugian minyak kelapa sawit yang terjadi pada proses pengepressan, oleh karena itu dapat menurunkan hasil produksi Crude Palm Oil (CPO) yang dihasilkan. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa tekanan hidrolik pada unit screw press merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan agar kerugian minyak kelapa sawit dapat ditekan sekecil mungkin dimana tekanan hidrolik yang diatur adalah sebesar 50 – 60 Bar. Sedangkan untuk perawatan peralatan perlu diketahui besar tekanan yang terjadi didalam press cage, yang diakibatkan oleh gaya bubur buah dan gaya yang terjadi pada worm screw press sehingga diperoleh perbandingan antara tekanan hidrolik dengan tekanan yang terjadi di screw press.

Published
Jan 11, 2021
How to Cite
TARIGAN, Kristian; SINAGA, Trisno. ANALISA PERHITUNGAN TEKANAN SCREW PRESS PADA PROSES PENGEPRESAN DAGING BUAH MENJADI CRUDE PALM OILDI UNIT PRESSAN PT.PP.LONDON SUMATERA,TBK PKS BEGERPANG PALM OIL MILL. Jurnal Teknologi Mesin UDA, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 47-55, jan. 2021. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/teknologimesin/article/view/846>. Date accessed: 15 may 2021.
Section
Articles