PERANCANGAN TURBIN UAP PENGGERAK GENERATOR LISTRIK KAPASITAS 10 MW PADA PABRIK KELAPA SAWIT PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IV UNIT PASIR MANDOGE

  • Tri Amandani Siregar Universitas Darma Agung
  • Suhendri Ginting Universitas Darma Agung
  • Enzo WB Siahaan Universitas Darma Agung
  • Hodmiantua Sitanggang Universitas Darma Agung

Abstract

Energi sangat penting untuk meningkatkan kehidupan masyarakat. Energi listrik dibangkitkan oLeh Permukaan konversi daya yang mengubah uap menjadi energi mekanik pada poros turbin dan kemudian mengubah energi mekanik menjadi energi kinetik dalam nosel (turbin impuls). Atau nozel dan bilah ( pada turbin reaksi ). menggunakan gear reducer yang dihubungkan dengan mekanisme penggerak. Turbin uap banyak digunakan di berbagai bidang industri untuk menghasilkan tenaga listrik. Rencanakan perhitungan turbin uap untuk menggerakkan generator  sehingga menghasilkan daya yang diinginkan. Perancangan dilakukan secara teoritis dan dipadukan dengan studi banding dengan kapasitas produksi 10 MW di PT. Unit Mandoge Pasir Perkebunan Nusantara IV. Desain ini menciptakan turbin gaya Curtis.

Published
Jun 7, 2023
How to Cite
SIREGAR, Tri Amandani et al. PERANCANGAN TURBIN UAP PENGGERAK GENERATOR LISTRIK KAPASITAS 10 MW PADA PABRIK KELAPA SAWIT PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IV UNIT PASIR MANDOGE. Jurnal Teknologi Mesin UDA, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 20 - 28, june 2023. ISSN 2776-2068. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/teknologimesin/article/view/3322>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/teknologimesin.v4i1.3322.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)