PERANCANGAN ECONOMIZER SEBAGAI PEMANAS AWAL AIR UMPAN PADA KETEL TYPE FIRE TUBE DALAM PROSES PENGOLAHAN GETAH PINUS di PT. NASCO INDOPINE

  • Alan Jerindo valensio Nainggolan Universitas Darma Agung, Medan
  • Heskiel Frans Huala Siahaan Universitas Darma Agung, Medan
  • Sawin Sebayang Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Air umpan memiliki suhu rendah, yang apabila di masukan ke dalam boiler dapat menurunkan suhu air pada boiler dan langsung menurunkan tekanan pada boiler tersebut, saat itu juga dibutuhkan pemanasan yang lebih dan berdampak pada pemakaian bahan bakar. Dengan permasalahan inilah, saya mempelajari sebuah alat yang bertujuan mengatasi permasalahan tersebut. Dalam penyusunan karya akhir ini memiliki beberapa tujuan, yaitu: Mempelajari pengaruh penggunaan Economizer, Mempelajari perancangan konsep Economizer di PT. Nasco Indopine Penelitian dilakukan dengan cara melakukan sesi tanya jawab kepada pihak operator lapangan, dan melakukan pengambilan data secara conservative.  economizer bekerja sebagai preheater. Economizer bekerja dimana air umpan terlebih dahulu dipanaskan sebelum dipompakan ke dalam boiler. Economizer ini di tempatkan pada jalur gas buang boiler. Penelitian menunjukan penggunaan economizer dapat membantu kinerja boiler dengan menaikan suhu air umpan ketel dengan memanfaatkan gas panas hasil pembakaran boiler.

Published
Dec 31, 2022
How to Cite
NAINGGOLAN, Alan Jerindo valensio; SIAHAAN, Heskiel Frans Huala; SEBAYANG, Sawin. PERANCANGAN ECONOMIZER SEBAGAI PEMANAS AWAL AIR UMPAN PADA KETEL TYPE FIRE TUBE DALAM PROSES PENGOLAHAN GETAH PINUS di PT. NASCO INDOPINE. Jurnal Teknologi Mesin UDA, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 313 - 323, dec. 2022. ISSN 2776-2068. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/teknologimesin/article/view/2657>. Date accessed: 21 july 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>