RANCANG BANGUN MESIN PENGEPRES BOTOL MINUMAN KALENG VOLUME 350 MLDENGAN KAPASITAS 840 BUAH / JAM MENGGUNAKAN SISTEM KERJA POROS ENGKOL

  • Masyudi Masyudi Universitas Darma Agung, Medan
  • Dwiky Valery Universitas Darma Agung, Medan
  • Enzo WB Siahaan Universitas Darma Agung, Medan
  • Kristian Tarigan Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari banyak kaleng aluminium bekas yang terdapat disekitar kita dan menjadi limbah yang dapat menganggu kebersihaan lingkungan didaerah kita. Sering juga kita lihat dalam kehidupan kita sehari-hari para pengumpul barang bekas khususnya untuk pengumpul kaleng alumunium mereka mengepress kaleng tersebut dengan cara menginjaknya atau memukulnya dengan palu, yang bertujuan untuk memperkecil volume botol minuman kaleng tersebut. Hal ini dapat beresiko karena dampak dari penginjakan kaleng dan juga pemukulan dengan palu berulang-ulang yang dapat mencederai mereka. Berdasarkan dampak negatif yang ditimbulkan pada proses pengepressan botol minuman kaleng secara manual tersebut, maka dibuat Mesin Pengepres Botol Minuman Kaleng guna meningkatkan kecepatan proses pengepressan. Dengan tujuan menghasilkan konsep dan rancangan sistem yang efektif, mudah, aman, dan berkualitas pada Mesin Pengepes Botol Minuman Kaleng. Untuk penggerak menggunakan motor listrik sebesar 1 HP disambung menggunakan gearbox 1:50 dan menghasilkan putaran 14 rpm. Pengoperasian mudah, hasil pengepressan juga maksimal.

Published
Dec 31, 2022
How to Cite
MASYUDI, Masyudi et al. RANCANG BANGUN MESIN PENGEPRES BOTOL MINUMAN KALENG VOLUME 350 MLDENGAN KAPASITAS 840 BUAH / JAM MENGGUNAKAN SISTEM KERJA POROS ENGKOL. Jurnal Teknologi Mesin UDA, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 226 - 239, dec. 2022. ISSN 2776-2068. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/teknologimesin/article/view/2651>. Date accessed: 25 june 2024.
Section
Articles