RANCANG BANGUN MESIN SEBAGAI PEMISAH ANTARA DAUN DENGAN LIDI KELAPA SAWIT MENGGUNAKAN ROLL SEBAGAI PENARIK DENGAN KAPASITAS 7 KG/JAM

  • Ferdyanto Andreas Pardede Universitas Darma Agung, Medan
  • Dedi Niko Peranginangin Universitas Darma Agung, Medan
  • Sawin Sebayang Universitas Darma Agung, Medan
  • Kristian Tarigan Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Rancang..bangun..merupakan hubungan dalam proses pembentukan sebuah mesin. Tujuan dari perencanaan..mesin..ini..sebagai pemisah antara daun..dan lidi..kelapa..sawit..adalah..untuk memudahkan dalam..proses pembersihan lidi..sawit. Dalam prosedur pembentukan mesin..ini..dilakukan beberapa tingkatan yaitu analisis, perencanaan, metode dan guna serta ilustrasi assembling. Penyelidikan tersebut meliputi analisis kemampuan dan kelajuan yang terjadi pada sumbu..poros. Kemampuan motor..pada mesin pemisah antara daun dan lidi ini..direncanakan..menggunakan elektro..motor..0,5..HP dengan putaran..1200..Rpm yang disesuaikan dengan kekuatan menggerakan gulungan penarik sehingga dapat menarik lidi dengan baik. Kapasitas produksi mesin yang memisahkan daun dan pelepah sawit ini kurang lebih..7 kg/jam,..dengan perspektif mesin..panjang 300 mm..x..lebar 315 mm..x..tinggi 500 mm. Kerangka menggunakan profil ferum 'L 50 type S30C'. Hasil pengujian kinerja menunjukkan bahwa mesin dapat memisahkan daun dari stik dengan hasil yang baik.

Published
Dec 31, 2022
How to Cite
PARDEDE, Ferdyanto Andreas et al. RANCANG BANGUN MESIN SEBAGAI PEMISAH ANTARA DAUN DENGAN LIDI KELAPA SAWIT MENGGUNAKAN ROLL SEBAGAI PENARIK DENGAN KAPASITAS 7 KG/JAM. Jurnal Teknologi Mesin UDA, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 13 - 23, dec. 2022. ISSN 2776-2068. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/teknologimesin/article/view/2559>. Date accessed: 21 may 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2