PERKIRAAN BEBAN PUNCAK RATA-RATA PADA PENYULANG BATUNADUA GARDU INDUK PADANG SIDEMPUAN DENGAN METODE ARIMA (AUTO REGRESSIVE INTEGRATED MOVING AVERAGE)

  • Windy Oktavian Universitas Darma Agung, Medan
  • Hengki Parulian Hasibuan Universitas Darma Agung, Medan
  • Janter Napitupulu Universitas Darma Agung, Medan
  • Joslan Sinaga Universitas Darma Agung, Medan
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## http://dx.doi.org/10.46930/jteu.v12i2.2789

Abstrak

Perkiraan kebutuhan energi listrik dilakukan sebagai salah satu pedoman perencanaan pengembangan industri listrik di Indonesia dalam pengambilan kebijakan perencanaan energi listrik. Dalam suatu peramalan tidak mungkin nilai yang diramalkan sempurna, akan selalu ada kesalahan- kesalahan atau error yang dipengaruhi faktor lain. Pemilihan metode yang tepat dapat meminimalisir nilai error yang dihasilkan oleh suatu metode yang digunakan. Pada penelitian ini dilakukan peramalan dengan menggunakan metode time series ARIMA (Autoregresion Integrated Moving Average). Dimana seperti yang kita ketahui metode ini mengabaikan variabel bebas sehingga perkiraan hanya berpacu pada data historis data beban puncak rata-rata penyulang Batunadua pada tahun 2020 dan 2021 yang merupakan variabel tidak bebas. Sehingga hasil yang didapat dengan menggunakan metode ARIMA yang terdiri dari 3 tahapan yaitu, tahap identifikasi, tahap pengujian dan tahap penerapan, yang dimana pada penelitian ini kita mendapatkan model ARIMA terbaik yaitu (2,1,1) yang memiliki hasil peramalan berupa kenaikan beban puncak rata-rata dengan nilai MAPE yang didapatkan adalah 7,61% yang dimana masih bisa dikatakan hasilnya baik bagi hasil sebuah peramalan.
Diterbitkan
Oct 31, 2023
##submission.howToCite##
OKTAVIAN, Windy et al. PERKIRAAN BEBAN PUNCAK RATA-RATA PADA PENYULANG BATUNADUA GARDU INDUK PADANG SIDEMPUAN DENGAN METODE ARIMA (AUTO REGRESSIVE INTEGRATED MOVING AVERAGE). JURNAL TEKNOLOGI ENERGI UDA: JURNAL TEKNIK ELEKTRO, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 76 - 88, oct. 2023. ISSN 2720-9784. Tersedia pada: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/teknologienergi/article/view/2789>. Tanggal Akses: 18 may 2024 doi: http://dx.doi.org/10.46930/jteu.v12i2.2789.
Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##