ANALISIS STRUKTUR ATAS DAN STRUKTUR BAWAH JEMBATAN UNDERPASS JALAN NASIONAL STA 11+140 PROYEK JALAN TOL RUAS BINJAI - LANGSA SEKSI I BINJAI - P. BRANDAN

  • Abeth Diego Chandra Simamora Universitas Darma Agung, Medan
  • Robinson Sidjabat Universitas Darma Agung, Medan
  • Rahelina Ginting Universitas Darma Agung, Medan
  • Alexander Silitonga Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Jembatan beton prategang Jalan Provinsi STA 11+140 Jalan Tol Ruas Binjai Langsa Seksi 1 Binjai - Pangkalan Brandan merupakan salah satu program infrastruktur yang dikembangkan pemerintah guna meningkatkan laju perekonomian di Pulau Sumatera terutama untuk daerah Binjai - Pangkalan Brandan. Jembatan tersebut memiliki panjang 40 m dengan lebar total jembatan 26,9 m. Dalam analisis perhitungan jembatan ini berpedoman pada RSNI T-02-2005 untuk pembebanan jembatan dan SNI 2833:2016 untuk perencanaan terhadap gempa. Berdasarkan analisis terhadap struktur atas dan struktur bawah yang telah dilakukan diperoleh untuk tebal pelat lantai 0,25 m dengan tulangan pokok D19-125 mm dan tulangan bagi D16-175 mm, untuk balok gelagar prategang I-Girder dengan tinggi 2,1 m dinyatakan aman terhadap tegangan dan lendutan yang terjadi baik pada kondisi awal maupun kondisi akhir, dan untuk abutment A1 dinyatakan aman terhadap kontrol stabilitas guling, geser, daya dukung tanah baik pada arah memanjang (arah x) dan arah melintang (arah y), dan pada pondasi tiang pancang pada abutment A1 berdiameter 0,6 m dan panjang 24 m dengan jumlah tiang pancang sebanyak 64 buah dinyatakan aman terhadap kontrol daya dukung ijin aksial tiang.

Published
Aug 20, 2022
How to Cite
SIMAMORA, Abeth Diego Chandra et al. ANALISIS STRUKTUR ATAS DAN STRUKTUR BAWAH JEMBATAN UNDERPASS JALAN NASIONAL STA 11+140 PROYEK JALAN TOL RUAS BINJAI - LANGSA SEKSI I BINJAI - P. BRANDAN. JURNAL ILMIAH TEKNIK SIPIL, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 349 – 362, aug. 2022. ISSN 2721-0073. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/tekniksipil/article/view/2975>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/tekniksipil.v11i2.2975.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)