ANALISA KUAT TEKAN DAN TARIK BETON MENGGUNAKAN BATU PECAH DARI DESA NAGASARIBU SEBAGAI AGREGAT KASAR DENGAN VARIASI SICA FUME PADA CAMPURAN BETON

  • Indra Nanda Parsaoran Purba Universitas Darma Agung, Medan
  • Lasni Roha Universitas Darma Agung, Medan
  • Rahelina Ginting Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Beton merupakan bahan yang sangat penting digunakan dalam bidang konstruksi. Hal ini tidak terlepas dari kekuatannya yang tinggi,kemudahan dalam pengerjaan, dan juga keawetannya. Sebagian besar proyek konstuksi di Indonesia bahkan dunia menggunakan beton. Maka dari itu penulis melakukan penelitian tentang beton, untuk mengetahui kekuatan dari pada beton tersebut.  Beberapa penelitian menunjukkan hasil pencampuran antara beton dengan bahan pengganti sika fume semuanya bertujuan  positif pada nilai kuat tekan beton. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan penelitian itu adalah beton yang dicampur sika fume menghasilkan kuat tekan yang lebih tinggi dari beton normal. Menggunakan agregat yang berbeda dari penelitian sebelumnya, penulis berharap besar agar penelitian ini dapat berhasil. Agregat yang digunakan adalah batu pegunugan yang dipecah dari desa Nagasaribu, dan juga pasir dari sugai Aek Haidupan. Menggunakan benda uji berbentuk silinder, yang berukuran diameter 15 cm dan tinggi 30 cm.dan kuat tekan beton yang diisyaratkan f’c 25 MPa. Penelitian dilaksanakan di laboratorium beton Teknik Sipil, Universitas Darma Agung Medan. Dan pengujian yang dilaksanakan di laboratoriun Beton tersebut, akan menghasilkan kuat tekan dan tarik belah beton.

Published
Feb 24, 2023
How to Cite
PURBA, Indra Nanda Parsaoran; ROHA, Lasni; GINTING, Rahelina. ANALISA KUAT TEKAN DAN TARIK BETON MENGGUNAKAN BATU PECAH DARI DESA NAGASARIBU SEBAGAI AGREGAT KASAR DENGAN VARIASI SICA FUME PADA CAMPURAN BETON. JURNAL ILMIAH TEKNIK SIPIL, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 33 - 43, feb. 2023. ISSN 2721-0073. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/tekniksipil/article/view/2699>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/tekniksipil.v12i1.2699.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)