KOMUNIKASI INTERPERSONAL KEPALA SEKOLAH DAN GURU DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI MENGAJAR GURU DI SEKOLAH PERGURUAN ADVENT 1 MEDAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi interpersonal antara kepala sekolah dan guru dalam meningkatkan kompetensi mengajar di Sekolah Perguruan Advent 1 Medan. Pendekatan kualitatif deskriptif merupakan metode penelitian yang digunakan oleh peneiliti dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru-guru SMA Swasta Advent 1 Medan dengan total 10 informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal antara kepala sekolah dan guru di Sekolah Perguruan Advent 1 Medan secara umum sudah baik dan berperan positif dalam meningkatkan kompetensi mengajar guru. Komunikasi interpersonal memiliki aspek seperti keterbukaan, empati, dukungan, kesetaraan, dan rasa positif telah diterapkan oleh kepala sekolah berjalan dengan lancar, saling memahami, umpan balik yang konstruktif sehingga terjalin hubungan yang harmonis. Ini dapat berdampak positif dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan profesional guru. Kualitas komunikasi interpersonal yang jelas dan efektif dapat menciptakan iklim kerja yang positif, yang pada gilirannya dapat meningkatkan motivasi dan kinerja guru dalam mengembangkan kompetensi mengajar mereka. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan komunikasi interpersonal yang positif antara kepala sekolah dan guru, yang berkontribusi pada peningkatan kompetensi mengajar. Namun, masih ada ruang untuk peningkatan dalam beberapa aspek komunikasi interpersonal untuk lebih mengoptimalkan pengembangan kompetensi guru.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.