ANALISIS KUALITAS KINERJA PEGAWAI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KELURAHAN ANGGRUNG KECAMATAN MEDAN POLONIA

  • Fransisca Lestari Sinambela Universitas Darma Agung
  • Prietsaweny RT Simamora Universitas Darma Agung
  • Putra Salju Loi Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas kinerja pegawai dalam meningkatkan pelayanan bidang administrasi kependudukan di Kelurahan Anggrung Kecamatan Medan Polonia. Pelayanan administrasi kependudukan yang efektif dan efesien sangat penting dalam menunjang pembangunan suatu daerah. Suatu kinerja pegawai di sebuah organisasi pemerintah diarahkan untuk memberikan pelayanan publik, karena suatu badan atau organisasi pemerintah menjadi penyelenggara publik yang harus memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada masyarakat. Mengenai tersebut, merupakan hal terpenting yang harus diperhatikan. Faktor pendukung dan penghambat yang dikaji dalam penelitian ini meliputi kemampuan yang baik, motivasi yang kuat, dan dukungan yang diterima. Sedangkan faktor penghambat yaitu kesediaan pekerjaan yang dilakukan tidak sesuai, ikatan dengan organisasi tidak simpatik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa kinerja pegawai baik saat membagikan pelayanan kepada masyarakat, dengan memberikan keterampilan yang baik, bermotivasi tinggi, dan dukungan dari setiap pegawai diterima. Sehingga membuat masyarakat puas dengan kinerja pegawai, sedangkan faktor penghambat seperti pekerjaan yang diberikan kepada masyarakat kurang sesuai dan hubungan dengan organisasi kurang baik, namun pegawai dapat mengatasinya dengan baik.

Published
Oct 27, 2023
How to Cite
SINAMBELA, Fransisca Lestari; SIMAMORA, Prietsaweny RT; LOI, Putra Salju. ANALISIS KUALITAS KINERJA PEGAWAI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KELURAHAN ANGGRUNG KECAMATAN MEDAN POLONIA. JURNAL GOVERNANCE OPINION, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 33 - 39, oct. 2023. ISSN 2716-3407. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/governanceopinion/article/view/3889>. Date accessed: 27 apr. 2024.
Section
Articles