KOMUNIKASI ORGANISASI AIRPORT SECURITY PT. ANGKASA PURA II (PERSERO) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA KARYAWAN DI KUALANAMU INTERNASIONAL AIRPORT

  • Muhammad Zul Andrika Universitas Darma Agung, Medan
  • Prietsawenny RT Simamora Universitas Darma Agung, Medan
  • Elok Perwirawati Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan komunikasi organisasi dalam meningkatkan motivasi kerja karyawan serta efektivitas komunikasi organisasi dalam meningkatkan motivasi kerja karyawan di kantor cabang Bandar Udara Internasional Kualanamu Deli Serdang. Metode penelitian yang digunakan adalah Kualitatif, informan penelitian ini adalah 5 orang karyawan personel airport security PT. Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional Kualanamu Deli Serdang. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa komunikasi organisasi airport security terlaksana dengan baik. Program-program yang telah dilaksanakan oleh kantor cabang umumnya dan airport security sendiri khusunya telah berjalan dengan intensif. Adanya kegiatan apel pagi dan malam sebelum memulai pelaksanaan tugas serta kegiatan knowledge sharing yang dilaksanakan dalam dua kali setiap bulannya merupakan faktor pendorong motivasi kerja, efektivitas komunikasi organisasi serta cara membangun komunikasi organisasi yang baik antara pimpinan kepada bawahan maupun sebaliknya di dalam organisasi airport security kualanamu.

Published
Apr 30, 2023
How to Cite
ANDRIKA, Muhammad Zul; SIMAMORA, Prietsawenny RT; PERWIRAWATI, Elok. KOMUNIKASI ORGANISASI AIRPORT SECURITY PT. ANGKASA PURA II (PERSERO) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA KARYAWAN DI KUALANAMU INTERNASIONAL AIRPORT. JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 45 - 53, apr. 2023. ISSN 2720-9822. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/socialopinion/article/view/3141>. Date accessed: 04 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/socialopinion.v8i1.3141.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)