NETNOGRAFI KOMUNIKASI PADA KOMUNITAS FANDOM ARMY INDONESIA

  • Gabrilla Mangunsong Universitas Darma Agung, Medan
  • Syarifuddin Pohan Universitas Darma Agung, Medan
  • Elok Perwirawati Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi dan bentuk identitas diri komunitas Fandom ARMY Indonesia khususnya di media sosial WhatsApp. Komunitas Fandom ARMY Indonesia merupakan komunitas yang terbentuk dari latar belakang yang sama yaitu memiliki kecintaan dan kegemaran terhadap musik Bangtan Sonyeondan (BTS). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interaksi simbolik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian netnografi komunikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, dokumentasi dan wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah enam orang yang tergabung dalam satu grup WhatsApp yang sama. Berdasarkan hasil penelitian, proses komunikasi komunitas ARMY Fandom Indonesia membentuk tiga pola komunikasi, yaitu pola komunikasi satu arah, pola komunikasi dua arah, dan pola komunikasi tiga arah. Pola komunikasi yang dilakukan oleh ARMY Indonesia terbilang unik yaitu dengan menggunakan stiker BTS dan menggunakan bahasa Indonesia dan Korea. Hasil observasi juga menunjukkan bahwa identitas ARMY Indonesia dapat dilihat dari item yang digunakan sehubungan dengan BTS dan BTS Marchandise.


 

Published
Oct 31, 2022
How to Cite
MANGUNSONG, Gabrilla; POHAN, Syarifuddin; PERWIRAWATI, Elok. NETNOGRAFI KOMUNIKASI PADA KOMUNITAS FANDOM ARMY INDONESIA. JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 38 - 50, oct. 2022. ISSN 2720-9822. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/socialopinion/article/view/2312>. Date accessed: 24 apr. 2024.
Section
Articles