SOSIALISASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS MAHASISWA DAN ALUMNI FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SIMALUNGUN

  • Lukman Nasution Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan
  • Reza Nurul Ichsan Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia

Abstract

Kondisi persaingan yang semakin ketat dewasa ini menjadikan perguruan tinggi untuk terus memacu dirinya beradaptasi dan berinovasi terhadap perubahan lingkungan agar tetap survive dan eksis dalam perjalanan pengembangan jasa pendidikan.  Konsep pemasaran jasa pendidikan yang jelas haruslah dipahami oleh sebagian perguruan tinggi agar dapat mempertahankan keberadaan perguruan tinggi. Hal ini selaras dengan konsep loyalitas sangat berperan penting dalam melengkapi pendekatan pemasaran baik dalam mendapatkan pangsa pasar maupun mahasiswa baru. Pengabdian ini dilaksanakan di Universitas Simalungun yang bekerjasama antara Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan dan Fakultas Hukum universitas Simalungun Pematang Siantar. metode pelaksanaan yang digunakan adalah melalui kegiatan ceramah, diskusi dan tanya jawab tentang permasalahan yang berkaitan dengan konsep Strategi Pemasaran dan Loyalitas di fakultas hukum USI mengingat saat ini Kenyataannya, persaingan perguruan tinggi di Indonesia khususnya di Sumatera Utara sangat ketat. Acara sosialisasi ini dilaksanakan juga dengan melibatkan mahasiswa dari fakultas ekonomi UMN Al Washliyah Medan untuk lebih memahamkan aplikasi dari teori yang didapat mereka di bangku kuliah selama ini.


Adapun hasil diskusi yang ditawarkan untuk meningkatkan loyalitas mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Simalungun yaitu dengan menggunakan metode analisis SWOT dan Strategi Samudera Biru/Blue Ocean Strategy (BOS).

Published
Sep 17, 2020
How to Cite
NASUTION, Lukman; ICHSAN, Reza Nurul. SOSIALISASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS MAHASISWA DAN ALUMNI FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SIMALUNGUN. PKM Maju UDA, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 31-36, sep. 2020. ISSN 2745-6072. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/pkmmajuuda/article/view/702>. Date accessed: 24 apr. 2024.