SOSIALISASI DISIPLIN KERJA DAN SIKAP INOVATIF DENGAN KINERJA GURU SMA NEGERI 14 MEDAN

  • Jonner Lumban Gaol Universitas Darma Agung Medan
  • Sarman Sinaga Universitas Darma Agung Medan

Abstract

Guru merupakan komponen paling penting dalam menciptakan sumber daya manusia yang rasional. Oleh sebab itu dibutuhkan sikap profesionalisme guru dalam proses pembelajaran. Guru sebagai tenaga pendidik adalah tokoh yang paling banyak bergaul dan berinteraksi dengan murid dibandingkan dengan personel lain disekolah. Guru bertugas merencanakan dan melakanakan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan bimbingan dan pelatihan, melakukan pengkajian dan penelitian dan membuka komunikasi dengan masyarakat.Baik atau buruknya perilaku atau cara mengajar guru sangat mempengaruhi citra lembaga pendidikan. Pengabdian ini dilaksanakan di SMA Negeri 14 Medan. metode pelaksanaan yang digunakan adalah melalui kegiatan ceramah, diskusi dan tanya jawab tentang disiplin kerja dan sikap inovatif dengan kinerja guru SMA Negeri 14 Medan. Acara sosialisasi ini melibatkan kepala sekolah dan guru untuk lebih memahamkan pentingnya disiplin kerja dan sikap inovatif di lingkungan SMA Negeri 14 Medan. Adapun hasil diskusi dalam kegiatan Sosialisasi Disiplin Kerja dan Sikap Inovatif di SMA Negeri 14 Medan dapat berjalan dengan lancar. Semua peserta terlihat antusias dan merasakan manfaatnya. Keberhasilan ini ditunjukkan antara lain: (1) Adanya kesesuaian materi dengan kebutuhan para guru untuk mengadopsi Konsep Disiplin Kerja dan Sikap Inovatif guru di SMA Negeri 14 Medan. (2) Adanya respon yang positif dari peserta yang ditunjukkan dengan adanya diskusi yang cukup hangat dalam rangka implementasi Disiplin Kerja dan Sikap Inovatif Guru di SMA Negeri 14 Medan.

Published
Sep 17, 2020
How to Cite
GAOL, Jonner Lumban; SINAGA, Sarman. SOSIALISASI DISIPLIN KERJA DAN SIKAP INOVATIF DENGAN KINERJA GURU SMA NEGERI 14 MEDAN. PKM Maju UDA, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 25-30, sep. 2020. ISSN 2745-6072. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/pkmmajuuda/article/view/701>. Date accessed: 26 apr. 2024.