SOSIALISASI TENTANG PENGGUNAAN GADGET DAN POLA TIDUR DENGAN KETAJAMAN PENGLIHATAN ANAK DI LKSA MELATI AISYIYAH WILAYAH SUMUT

  • Tuful Zuchri Siregar STIKes Binalita Sudama
  • Sridhamayani Sridhamayani STIKes Binalita Sudama
  • Bambang Suryanto STIKes Binalita Sudama

Abstract

Mata merupakan salah satu panca indra yang memiliki fungsi sangat penting untuk manusia. Manusia bisa melihat segala sesuatunya yang ada di dunia ini menggunakan mata dengan jelas. Namun, masih banyak orang yang belum menjaga kesehatan matanya dengan sebaik mungkin terutama pada anak-anak. Apabila terdapat gangguan pada penglihatan pada mata anak dapat menyebabkan gangguan terhadap aktifitas, baik dalam proses pembelajaran maupun interaksi social. Banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya penurunan ketajaman penglihatan pada anak, yaitu penggunaan gadget. Gadget mempunyai daya tarik untuk anak-anak dimana gadget dapat digunakan untuk mengisi berbagai macam aplikasi, seperti games, video online sampai aplikasi pelajaran. Penyajian dari aplikasi tersebut menjadi lebih menarik dimana menerapkan beraneka warna dan karakter, sehingga anak yang sudah pernah mencoba menggunakan gadget akan ketagihan dan senang menggunakan gadget berlama-lama. Namun perlu kita sadari, penggunaan gadget yang berlebihan sangatlah tidak tepat karena dapat mempengaruhi kesehatan mata.

Published
Aug 21, 2024
How to Cite
SIREGAR, Tuful Zuchri; SRIDHAMAYANI, Sridhamayani; SURYANTO, Bambang. SOSIALISASI TENTANG PENGGUNAAN GADGET DAN POLA TIDUR DENGAN KETAJAMAN PENGLIHATAN ANAK DI LKSA MELATI AISYIYAH WILAYAH SUMUT. PKM Maju UDA, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 52 - 64, aug. 2024. ISSN 2745-6072. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/pkmmajuuda/article/view/4711>. Date accessed: 24 aug. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/pkmmajuuda.v5i2.4711.
Section
Articles