MEMBANGUN MASYARAKAT BERKARAKTER,CERDAS DAN BERPRESTASI MELALUI POLITERPARK TAMAN POJOK LITERASI BERBASIS PENGETAHUAN UMUM DI SEKOLAH NEGERI 101867

  • Hersakso Sinurat Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Ria Monalisa Situmorang Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Rini Wana Lumban Gaol Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Rut Frida Yanti Sianturi Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Excelsis Sarina Parhusip Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Ivana Riris Harianja Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Dewi Satria Saragih Universitas HKBP Nommensen Medan

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat yang berjudul “Membangun Masyarakat Berkarakter,Cerdas Dan Berprestasi Melalui POLITERPARK (Taman Pojok Literasi Berbasis Pengetahuan Umum) Di Sekolah NEGERI 101867”di Yayasan Pendidikan tepatnya di SD Negeri 101867 Paya Gambar ini merupakan program yang direncanakan oleh LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) yang dimana pengabdian kepada masyarakat menjadi mata kuliah wajib yang harus dilakukan oleh mahasiswa untuk mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi permasalahan yang akan terjadi ketika mengajar nanti. Melalui kegiatan ini juga mahasiswa diajarkan untuk mengimplementasikan ilmu yang sekiranya berguna untuk kehidupan bermasyarakat. Langkah yang dilakukan dalam program ini adalah penyuluhan/Sosialisasi pentingnya literasi baik bagi peserta didik SD Negeri 101867 Paya Gambar dengan output yang diharapkan yakni pandai membaca,menghargai serta menghormati guru dan orangtua,inovatif,jujur,disiplin suka bekerja keras dan cinta terhadap tanah air.Pengabdian kepada masyarakat merupakan pelaksanaan pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya langsung pada masyarakat secara kelembagaan melalui metodologi ilmiah sebagai penyebaran Tri Dharma Perguruan Tinggi serta tanggung jawab yang luhur dalam usaha mengembangkan kemampuan masyarakat, sehingga dapat mempercepat laju pertumbuhan tercapainya tujuan pembangunan nasional. Berikut manfaat pengabdian masyarakat, yaitu; Memberi dampak positif bagi masyarakat, Memperbanyak relasi, Meningkatkan saft skill dalam berkomunikasi, Belajar hal baru dan Menumbuhkan sifat simpati dan sabar (Herlina et al., 2022). Diharapkan PKM yang sudah dilaksanakan dapat bermanfaat pada masyarakat, terutama kepada : a. SD Negeri 101867 Paya Gambar, dan terlebih pada murid-murid SD Negeri 101867 Paya Gambar. b. Masyarakat lingkungan sekitar tempat mahasiswa mengabdi yaitu warga JL. Pancasila Dusun IV Paya Gambar . c. Universitas HKBP Nommensen d. Mahasiswa yang melaksanakan PkM.

Published
Mar 27, 2023
How to Cite
SINURAT, Hersakso et al. MEMBANGUN MASYARAKAT BERKARAKTER,CERDAS DAN BERPRESTASI MELALUI POLITERPARK TAMAN POJOK LITERASI BERBASIS PENGETAHUAN UMUM DI SEKOLAH NEGERI 101867. PKM Maju UDA, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 121 - 128, mar. 2023. ISSN 2745-6072. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/pkmmajuuda/article/view/3002>. Date accessed: 01 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/pkmmajuuda.v3i3.3002.