PENGUATAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BAGI ANAK-ANAK SEKOLAH MINGGU DI GMI BERKAT KASIH KABUPATEN DELISERDANG

  • Selamat Karo-Karo Universitas Darma Agung
  • Marioga Pardede Universitas Darma Agung
  • Pardamean Manalu Universitas Darma Agung
  • Septiarnis Wau Universitas Darma Agung

Abstract

Kegiatan penyuluhan tentang pendidikan karakter yang baik bagi anak-anak sekolah minggu di gereja GMI Berkat Kasih Kabupaten Deliserdang secara umum berjalan dengan lancar. Pimpinan jemaat dan pengurus gereja membantu mempersiapkan tempat dan mengkoordinir peserta penyuluhan. Peserta penyuluhan merupakan anak-anak sekolah minggu di gereja GMI Berkat Kasih Kabupaten Deliserdang. Tempat yang dipakai untuk kegiatan tersebut adalah salah satu ruangan sekolah minggu pada gereja GMI Berkat Kasih Kabupaten Deliserdang. Sebelum melakukan kegiatan penyuluhan, pemateri memperkenalkan diri terlebih dahulu kemudian mencoba menggali pengetahuan dasar pendidikan karakter. Pemateri mengajukan beberapa pertanyaan mengenai pendidikan karakter yang baik dan benar di gereja, sekolah dan lingkungan sekitarnya. Setelah menggali pengetahuan dasar kemudian pemateri mulai memaparkan materi pendidikan karakter mengenai manajemen pembuangan sampah yang baik. Selama kegiatan penyuluhan berlangsung tampak peserta antusias dan memerhatikan isi materi penyuluhan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai penyuluhan tentang pendidikan karakter yang baik bagi anak-anak sekolah minggu di Gereja GMI Berkat Kasih Kabupaten Deliserdang telah terlaksana dengan baik. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai penyuluhan tentang pendidikan karakter yang baik bagi anak-anak sekolah minggu di Gereja GMI Berkat Kasih Kabupaten Deliserdang mendapatkan respon yang antusias dari para anak-anak sekolah minggu. Didapatkan 3 pertanyaan dari peserta penyuluhan (anak-anak sekolah minggu) terkait materi pendidikan karakter yang baik bagi anak-anak sekolah minggu di Gereja GMI Berkat Kasih Kabupaten Deliserdang tersebut mengharapkan ada kegiatan penyuluhan kembali terkait pengelolaan dan daur ulang sampah.

Published
Apr 30, 2021
How to Cite
KARO-KARO, Selamat et al. PENGUATAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BAGI ANAK-ANAK SEKOLAH MINGGU DI GMI BERKAT KASIH KABUPATEN DELISERDANG. PKM Maju UDA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 86 - 94, apr. 2021. ISSN 2745-6072. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/pkmmajuuda/article/view/2082>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/pkmmajuuda.v2i1.2082.