MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA LBB QUANTUM LEARNING DALAM MENJAWAB SOAL READING COMPREHENSION

  • Ismarini Hutabarat Universitas Darma Agung
  • Desmalia Purba Universitas Darma Agung
  • Humiras Betty Marlina Sihombing Universitas Darma Agung
  • Magdalena Marpaung Universitas Darma Agung

Abstract

Dalam rangka mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian masuk Brigadir Polisi, para peserta berusaha untuk memperbaiki tingkat pengetahuan dan kemampuannya, khususnya dalam menjawab soal bahasa Inggris. Sebagaimana yang diketahui, bentuk soal ujian yang akan dihadapi peserta adalah bentuk ujian reading comprehension. Oleh karena itu, diadakanlah Program Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang bertujuan 1) untuk memperkenalkan cara yang mudah dimengerti untuk mengingat dan memahami bentuk-bentuk teksĀ  bahasa Inggris dan 2) meningkatkan kompetensi siswa khususnya siswa Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) Quantum Learning dalam menjawab soal reading comprehension. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan selama 6 pertemuan pada bulan Agustus sampai September 2019. Kegiatan mencakup pembukaan, presentasi/ceramah dan tanya jawab, try out atau simulasi ujian Bahasa Inggris serta penutup. Peserta pelatihan ini terdiri dari siswa LBB Quantum Learning yang akan mengikuti ujian masuk Brigadir Polisi sebanyak 25 orang. Hasil program kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini berupa peningkatan motivasi serta kemampuan siswa dalam menjawab soal reading. Peningkatan kemampuan para siswa diindikasikan dengan meningkatnya kemampuan siswa dalam menjawab soal grammar yang diujikan dalam try out atau simulasi ujian masuk Brigadir Polisi.

Published
Oct 30, 2021
How to Cite
HUTABARAT, Ismarini et al. MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA LBB QUANTUM LEARNING DALAM MENJAWAB SOAL READING COMPREHENSION. PKM Maju UDA, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 1-14, oct. 2021. ISSN 2745-6072. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/pkmmajuuda/article/view/1354>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/pkmmajuuda.v2i3.1354.