Pengaruh Struktur Modal dan Pertumbuhan Asset Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Property Dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

  • Hotriado Harianja

Abstract

ABSTRAK


PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN PERTUMBUHAN ASSET


TERHADAP PROFITABILITAS PADA   PERUSAHAAN PROPERTY


DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI


BURSA EFEK INDONESIA


 


       Oleh :


                                                     Hotriado Harianja1


        Nunti Sinambela


1 Dosen Tetap Fakultas Ekonomi Uiversitas Darma Agung


 


Penelitian ini bertujuan untuk menguji  pengaruh struktur modal dan   pertumbuhan asset terhadap profitabilitas  baik secara parcial maupun simultan.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan property dan reel estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015 dan 2016 yang berjumlah 48 Perusahaan, Pemilihan sampel penelitian didasarkan pada tehnik  purposive sampling dan metode analisa data yang digunakan adalah metode deskriptif dan analisis  regresi linier berganda untuk periode 2015 dan 2016. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persamaan regresi  nilai  Profitabilitas  Y= 0,246 + 0,017 DER - 0,004 Pertumbuhan assets  dan dari hasil uji di peroleh bahwa struktur modal yang diwakili oleh Debt to Equity Ratio (DER) Tidak berpengaruh terhadap profitabilitas  (Net Profit margin)  , Pertumbuhan aset secara parsial tidak berpengaruh terhadap profitabilitas pada perusahaan property yang terdaftar di BEI, Debt to Equity Ratio dan  Pertumbuhan Aset secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap Profitabilitas.

Published
Mar 30, 2019
How to Cite
HARIANJA, Hotriado. Pengaruh Struktur Modal dan Pertumbuhan Asset Terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Property Dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. JURNAL NERACA AGUNG, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 15 - 26, mar. 2019. ISSN 2088-7884. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/neraca/article/view/128>. Date accessed: 22 oct. 2019.
Section
Articles