PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, REPUTASI KANTOR AKUNTAN PUBLIK TERHADAP AUDIT DELAY PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2018-2020

  • Sozisokhi Laia Universitas Darma Agung, Medan
  • Grace Agatha Sitio Universitas Darma Agung, Medan
  • Hotriado Harianja Universitas Darma Agung, Medan
  • Santy Aji Sitohang Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Tujuan dalam Penelitian ini untuk membuktikan apakah terdapat pengaruh antara Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Reputasi Kantor Akuntan Publik Terhadap Audit Delay pada perusahaan manufaktur sub sektor food and beverage yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018-2020. Penelitian ini menggunakan 1 variabel dependen yaitu audit delay dan 3 variabel independen antara lain Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Reputasi Kantor Akuntan Publik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder  sebagai sumber data. Penelitian ini menggunakan populasi sebanyak 26 Perusahaan, dengan menggunakan purposive sampling sebagai teknik dalam pengambilan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Sehingga  jumlah sampel terpilih sebanyak 13 perusahaan. Model regresi dalam penelitian ini menggunakan model regresi logistik. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan hasil  secara parsial variabel Ukuran perusahaan atau hipotesis pertama dan Reputasi Kantor Akuntan Publik atau hipotesis ketiga tidak berpengaruh terhadap audit delay. sedangkan variabel Profitabilitas atau hipotesis kedua berpengaruh terhadap audit delay. Hasil pengujian simultan menunjukkan variabel Ukuran perusahaan Profitabilitas dan Reputasi Kantor Akuntan Publik atau hipotesis keempat secara bersama-sama berpengaruh terhadap audit delay.

Published
Feb 20, 2023
How to Cite
LAIA, Sozisokhi et al. PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, REPUTASI KANTOR AKUNTAN PUBLIK TERHADAP AUDIT DELAY PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2018-2020. JURNAL NERACA AGUNG, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 35 - 44, feb. 2023. ISSN 2088-7884. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/neraca/article/view/2861>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/neraca.v13i1.2861.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)