PERAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI MENGEFETIFKAN PEMBELAJARAN DARING MELALUI MEDIA SOSIAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS VI SD METHODIST 9 MEDAN

  • Sylvia Irene Siburian Universitas Darma Agung
  • Irene Silviani Universitas Darma Agung

Abstract

Komunikasi antarpribadi mempunyai kaitan yang sangat erat dengan proses belajar mengajar terutama dalam masa pandemi COVID 19 saat sekarang. Pemberlakuan pembelajaran daring membutuhkan kesiapan guru dan siswa dalam penyediaan dan penguasaan teknologi internet yang berpengaruh besar terhadap mengefektifkan kemampuan dan pemahaman penggunaan media sosial yang berfungsi sebagai media pembelajaran terutama untuk guru dan siswa sekolah dasar khususnya kelas VI SD. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif  karena mampu menciptakan suatu pemahaman yang mendalam terhadap objek yang diteliti dan ingin mengetahui kaitan komunikasi antarpribadi dengan penggunaan media sosial dalam mengefektifkan pembelajaran daring di kalangan siswa kelas VI SD Methodist 9 Medan, dengan alasan semakin kurang optimalnya keefektifan siswa dalam proses pembelajaran, kurang optimalnya penjelasan guru terhadap materi pelajaran. Di sisi lain peneliti melihat keikutsertaan siswa secara aktif dalam pembelajaran daring ini semakin menurun. Hasil penelitian menunjukkan keefektifan proses pembelajaran daring dapat tercapai jika aspek-aspek komunikasi yang efektif dalam pembelajaran daring sesuai dengan yang diharapkan. Kondisi komunikasi dan interaksi yang terjadi sangat menentukan keefektifan dan mutu pendidikan. Komunikasi antarpribadi yang terjalin antara guru dengan siswa dan orang tua diharapkan mampu mengatasi masalah-masalah yang timbul selama pembelajaran daring.

Published
Feb 28, 2022
How to Cite
SIBURIAN, Sylvia Irene; SILVIANI, Irene. PERAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI MENGEFETIFKAN PEMBELAJARAN DARING MELALUI MEDIA SOSIAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS VI SD METHODIST 9 MEDAN. MESSAGE: JURNAL KOMUNIKASI, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 34-43, feb. 2022. ISSN 2746-0215. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/messageilmukomunikasi/article/view/1513>. Date accessed: 27 sep. 2022.
Section
Articles