PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA SERENTAK TAHUN 2022 (STUDI KASUS DI DESA BANGUN SARI, KECAMATAN TANJUNG MORAWA, KABUPATEN DELI SERDANG)

  • Firdaus Fanaetu Universitas Darma Agung
  • Irene Silviani Universitas Darma Agung
  • Amoholi Laia Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2022 di Desa Bangun Sari, dan Untuk mengetahui faktor faktor apa saja yang menghambat Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2022 di Desa Bangun Sari. Hasil penelitian ini yaitu (1). Adanya forum untuk menampung partisipasi masyarakat yaitu partisipasi masyarakat dalam masa pencalonan masih minim di karenakan bakal calon kurang mendekatkan diri dengan masyarakat, (2). Kemampuan masyarakat terlibat dalam proses dimana partisipasi politik masyarakat dalam masa kampanye menurun diakibatkan bakal calon Kepala Desa yang tidak terlalu aktif membuat kegiatan begitupun dengan sebagian besar masyarakat yang tidak terlibat pada masa kampanye. (3). Adanya akses bagi masyarakat untuk menyampaikan pendapat dalam proses pengambilan keputusan dimana partisipasi politik masyarakat dalam memberikan suara menurun yang di sebabkan oleh pekerjaan lingkungan dan juga kurangnya pendekatan antara bakal calon dengan masyarakat. Faktor faktor yang menghambat Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2022 di Desa Bangun Sari, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang yaitu (1). Kurangnya Sosialisasi. (2). Sumber Daya Manusia yang masih minimn, dan (3). Pekerjaan/ Mata Pencarian Masyarakat

Published
Oct 27, 2023
How to Cite
FANAETU, Firdaus; SILVIANI, Irene; LAIA, Amoholi. PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA SERENTAK TAHUN 2022 (STUDI KASUS DI DESA BANGUN SARI, KECAMATAN TANJUNG MORAWA, KABUPATEN DELI SERDANG). JURNAL GOVERNANCE OPINION, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 12 - 23, oct. 2023. ISSN 2716-3407. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/governanceopinion/article/view/3887>. Date accessed: 16 june 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>