PENGARUH PROGRAM SAPTA PESONA DAN FASILITAS TERHADAPTINGKAT KUNJUNGAN OBJEK WISATA T-GARDENDI KECAMATAN DELI TUA KABUPATEN DELI SERDANG

  • Lukman Nasution Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan
  • Siti Anom Universitas Darma Agung Medan
  • Ahmad Karim Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Program Sapta Pesona terhadap Tingkat Kunjungan Objek Wisata; (2)Pengaruh Fasilitas terhadap Tingkat Kunjungan Objek Wisata, dan (3) Pengaruh Program Sapta Pesona dan Fasilitas terhadap Tingkat Kunjungan Objek Wisata T-Garden Kabupaten Deli Serdang. Sampel penelitian ini diambil secara acak (random sampling) dari seluruh pengunjung Objek Wisata T-Garden dengan jumlah 50 pengunjung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan signifikansi 0,05. Metode pengumpulan data penelitian ini berupa kuesioner Program Sapta Pesona, Fasilitas Objek Wisata, dan Tingkat Kunjungan Objek Wisata. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang sangat signifikan Program Sapta Pesona terhadap Tingkat Kunjungan Objek Wisata T-Garden Kabupaten Deli Serdang (F-hitung = 18,487; Sig. = 0,000), (2) Terdapat pengaruh yang signifikan Fasilitas terhadap Tingkat Kunjungan Objek Wisata T-Garden Kabupaten Deli Serdang (F-hitung = 7,754; Sig. = 0,008), dan (3) Terdapat pengaruh yang sangat signifikan Program Sapta Pesona dan Fasilitas Secara Bersama-sama terhadap Tingkat Kunjungan Objek Wisata T-Garden Kabupaten Deli Serdang (F-hitung = 9,069; Sig. = 0,000). Hasil penelitan ini mengimplikasikan bahwa penerapan Program Sapta Pesona pada objek wisata T-Garden dapat mempengaruhi keinginan berkunjung wisatawan dan membuat lama tinggal serta meningkatkan tingkat kunjugan Objek Wisata T-Garden Kabupaten Deli Serdang. Dengan adanya fasilitas objek wisata yang menarik dan sesuai dengan keinginan yang sedang diminati, akan menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung dan menikmati fasilitas Objek Wisata T-Garden sehingga kebutuhan pengunjung terpenuhi untuk berkunjung ke Objek Wisata T-Garden.

Published
Aug 2, 2020
How to Cite
NASUTION, Lukman; ANOM, Siti; KARIM, Ahmad. PENGARUH PROGRAM SAPTA PESONA DAN FASILITAS TERHADAPTINGKAT KUNJUNGAN OBJEK WISATA T-GARDENDI KECAMATAN DELI TUA KABUPATEN DELI SERDANG. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 28, n. 2, p. 211-230, aug. 2020. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/627>. Date accessed: 05 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v28i2.627.