PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V pada materi pengumpulan dan penyajian data di SD Swasta Kartika 1-2 Medan tahun pembelajaran 2023/2024. Metodologi penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas V yang diberikan perlakuan model pembelajaran NHT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran NHT. Nilai rata-rata pretest siswa sebesar 54,20 (kategori kurang) meningkat menjadi 77,38 (kategori baik) pada posttest. Selain itu, analisis data menggunakan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Koefisien korelasi sebesar 0,832 (> 0,334) mengindikasikan adanya pengaruh yang kuat antara penggunaan model pembelajaran NHT dan peningkatan hasil belajar siswa. Hasil uji t menunjukkan nilai t_hitung sebesar 8,471 yang lebih besar dari t_tabel sebesar 1,690, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar matematika siswa.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).