PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

  • Ester Julinda Simarmata Universitas Katolik Santo Thomas
  • Kasih Chrisye Siahaan Universitas Katolik Santo Thomas
  • Reflina Sinaga Universitas Katolik Santo Thomas
  • Dyan Wulan Sari HS Universitas Katolik Santo Thomas
  • Heka Maya Sari Br Sembiring Universitas Katolik Santo Thomas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V pada materi pengumpulan dan penyajian data di SD Swasta Kartika 1-2 Medan tahun pembelajaran 2023/2024. Metodologi penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas V yang diberikan perlakuan model pembelajaran NHT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran NHT. Nilai rata-rata pretest siswa sebesar 54,20 (kategori kurang) meningkat menjadi 77,38 (kategori baik) pada posttest. Selain itu, analisis data menggunakan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Koefisien korelasi sebesar 0,832 (> 0,334) mengindikasikan adanya pengaruh yang kuat antara penggunaan model pembelajaran NHT dan peningkatan hasil belajar siswa. Hasil uji t menunjukkan nilai t_hitung sebesar 8,471 yang lebih besar dari t_tabel sebesar 1,690, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar matematika siswa.

Published
Dec 31, 2024
How to Cite
SIMARMATA, Ester Julinda et al. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 6, p. 527 - 535, dec. 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/5193>. Date accessed: 05 feb. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i6.5193.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)