MODEL PEMBELAJARAN SAVI DAN DAMPAKNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI IPAS DI SD

  • Ester Julinda Simarmata Universitas Katolik Santo Thomas
  • Doa Mariana Saragih Universitas Katolik Santo Thomas
  • Reflina Sinaga Universitas Katolik Santo Thomas
  • Dyan Wulan Sari HS Universitas Katolik Santo Thomas
  • Irmina Pinem Universitas Katolik Santo Thomas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 094170 Purba Hinalang pada mata pelajaran IPAS, khususnya materi bagian dari tubuh tumbuhan. Sampel penelitian ini terdiri dari 30 siswa kelas IV. Pengumpulan data dilakukan menggunakan soal tes dan kuesioner. Uji validitas instrumen menunjukkan bahwa dari 40 butir soal tes, 25 soal dinyatakan valid, sementara dari 40 pernyataan kuesioner, 25 pernyataan dinyatakan valid. Uji reliabilitas menunjukkan indeks reliabilitas sebesar 0,847 untuk soal tes dan 0,857 untuk kuesioner, yang keduanya berada dalam kategori sangat kuat. Hasil pretest menunjukkan rata-rata nilai siswa sebesar 51,46, dengan 87% siswa memperoleh nilai di bawah standar yang ditetapkan. Setelah penerapan model pembelajaran SAVI, hasil posttest menunjukkan peningkatan signifikan dengan rata-rata nilai sebesar 82,53, dimana 93% siswa berhasil mencapai nilai di atas standar. Uji normalitas menunjukkan bahwa data hasil belajar siswa dan kuesioner berdistribusi normal. Uji koefisien korelasi menghasilkan nilai 0,638, yang berada pada rentang hubungan yang kuat. Uji hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan thitung sebesar 4,386 lebih besar dari ttabel sebesar 2,060 pada taraf signifikansi 5%, mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran SAVI efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 094170 Purba Hinalang. Disarankan agar model pembelajaran ini diterapkan secara lebih luas untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dasar

Published
Oct 31, 2024
How to Cite
SIMARMATA, Ester Julinda et al. MODEL PEMBELAJARAN SAVI DAN DAMPAKNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI IPAS DI SD. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 5, p. 375 - 383, oct. 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4565>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i5.4565.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)