ANALISIS KEPRIBADIAN GURU DAN IKLIM KELAS DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA

  • Marjuki Marjuki Sekolah Tinggi Agama Islam Publisistik Thawalib, Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan bagaimana kepribadian guru memengaruhi disiplin siswa dan strategi peningkatan disiplin yang efektif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi fenomenologis. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumen. Pengolahan data mencakup kondensasi, penyajian, dan penarikan kesimpulan dengan keabsahan melalui triangulasi sumber, teknik, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan: Analisis kepribadian guru di SDN Tlontoh Raja 8 Pamekasan menunjukkan bahwa guru sebagai teladan sangat penting dalam membentuk disiplin siswa. Konsistensi, ketegasan, dan kerja sama dengan orang tua adalah kunci dalam menetapkan standar disiplin yang efektif. Guru harus memiliki kesabaran dan menghindari kekerasan untuk mengelola kelas dengan baik. Perilaku guru, seperti ketepatan waktu, menciptakan atmosfer belajar positif yang mendukung kedisiplinan siswa. Di SDN Tlontoh Raja 2 Pamekasan, iklim kelas juga berperan penting. Lingkungan fisik yang kondusif, materi yang jelas, struktur organisasi kelas yang teratur, dan interaksi sosial positif antara siswa dan guru meningkatkan disiplin dan menciptakan lingkungan belajar yang produktif.

Published
Aug 20, 2021
How to Cite
MARJUKI, Marjuki. ANALISIS KEPRIBADIAN GURU DAN IKLIM KELAS DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 29, n. 2, p. 358 - 369, aug. 2021. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4783>. Date accessed: 30 oct. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v29i2.4783.
Section
Artikel