DISIPLIN DAN MOTIVASI GURU DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA

  • Marjuki Marjuki Sekolah Tinggi Agama Islam Publisistik Thawalib, Jakarta
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v28i2.4782

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan bagaimana peraturan, penetapan, dan perilaku disiplin guru mempengaruhi motivasi dan semangat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus, mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumen, serta mengolah data melalui kondensasi, penyajian, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan:   Disiplin guru dalam meningkatkan semangat belajar siswa melibatkan menjaga kebersihan kelas, memberikan pujian, menugaskan pekerjaan, serta menjaga komunikasi yang efektif antara guru dan siswa. Selain itu, motivasi yang diberikan guru dapat berupa permainan edukatif di awal pelajaran, pemberian dorongan semangat, bimbingan belajar, dan arahan dari kepala sekolah. Guru juga berperan sebagai contoh dalam perilaku positif, memberikan teladan kepada siswa untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif. Kombinasi disiplin dan motivasi dari guru ini sangat penting dalam meningkatkan semangat dan hasil belajar siswa.

Diterbitkan
Aug 7, 2020
##submission.howToCite##
MARJUKI, Marjuki. DISIPLIN DAN MOTIVASI GURU DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA. JURNAL DARMA AGUNG, [S.l.], v. 28, n. 2, p. 368 - 377, aug. 2020. ISSN 2654-3915. Tersedia pada: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4782>. Tanggal Akses: 31 oct. 2024 doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v28i2.4782.
Bagian
Artikel