DISIPLIN DAN MOTIVASI GURU DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan bagaimana peraturan, penetapan, dan perilaku disiplin guru mempengaruhi motivasi dan semangat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus, mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumen, serta mengolah data melalui kondensasi, penyajian, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: Disiplin guru dalam meningkatkan semangat belajar siswa melibatkan menjaga kebersihan kelas, memberikan pujian, menugaskan pekerjaan, serta menjaga komunikasi yang efektif antara guru dan siswa. Selain itu, motivasi yang diberikan guru dapat berupa permainan edukatif di awal pelajaran, pemberian dorongan semangat, bimbingan belajar, dan arahan dari kepala sekolah. Guru juga berperan sebagai contoh dalam perilaku positif, memberikan teladan kepada siswa untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif. Kombinasi disiplin dan motivasi dari guru ini sangat penting dalam meningkatkan semangat dan hasil belajar siswa.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).