ANALISIS DESAIN KANTOR BALAI NIKAH DAN MANASIK HAJI BERKELANJUTAN DENGAN PARAMETER KONSERVASI ENERGI, KONSERVASI AIR DAN WASTE MANAGEMENT, LAMPUNG BARAT

  • Aditya Bika Dharmawan Universitas Teknokrat Indonesia
  • Fajar Dewantoro Universitas Teknokrat Indonesia
  • Panti Wahyu Ningsih Universitas Teknokrat Indonesia

Abstract

Seiring dengan pesat nya pertumbuhan penduduk di Provinsi Lampung berdampak pada laju pembangunan yang cepat. Degan banyak nya pembanguna tentunya berpengaruh pada kualitas lingkungan hitup. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut dengan menerapkan sistem Green Building/Green ship home. Konsep green building memiliki beberapa parameter, parameter yang digunakan pada penelitian ini dalah , konservasi air, konservasi energi, dan waste management. Untuk mendukung penerapan green building pada kantor sesuai parameter yang digunakan maka di buatlah sistem rainwater harvesting untuk mengkonservasi air, sistem solar cel untuk konservasi energi, dan manajemen pengolahan limbah rumah tangga untuk waste management. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain rumah tinggal berbasis Green building berdasarkan parameter green building yang digunakan yaitu konservasi air , konservasi dan efisiensi energi, dan waste management. Dan mengetahui besaran anggaran biaya yang dibutuhkan untuk merealisasikan rumah tinggal berbasis green building di daerah lampung barat . Dari hasil pembahasan yang telah dilakukan mengenai analisis desain rumah tinggal berkelanjutan dengan parameter Green Building/Greenship pada kecamatan Enggal telah didapatkan Jumlah rata rata air yang dapat di panen dari hasil perhitungan pemanenan air hujan adalah 83,46  m3/hari. Jumalah rata rata air yang terbuang dari sistem pemanenan air hujan yaitu 0,83 m3. Hasil rata rata penggunaan listrik PLN berdasarkan perhitungan adalah Rp. 554.070. baiaya yang dapat di hemat dari penggunaan panel surya sebesar Rp. 136.018. Serta biaya yang di keluarkan untuk instalasi pembangkit listrik tenaga surya sebesar Rp. 22.100.000. 

Published
Jul 1, 2024
How to Cite
DHARMAWAN, Aditya Bika; DEWANTORO, Fajar; NINGSIH, Panti Wahyu. ANALISIS DESAIN KANTOR BALAI NIKAH DAN MANASIK HAJI BERKELANJUTAN DENGAN PARAMETER KONSERVASI ENERGI, KONSERVASI AIR DAN WASTE MANAGEMENT, LAMPUNG BARAT. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 3, p. 112 - 118, july 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4588>. Date accessed: 22 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i3.4588.
Section
Artikel