FAKTOR PENGARUH LAYANAN ANGKUTAN JALAN PERINTIS TERHADAP MOBILITAS MASYARAKAT DI DAERAH DESA HANURA KECAMATAN TELUK PANDAN KABUPATEN PESAWARAN DENGAN METODE IPA(IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS), DAN CSI (CUSTOMER SATISFACTION INDEX)

  • Ardian Panggar Setyawan Agata Universitas Teknokrat Indonesia
  • Jamaludin Jamaludin Universitas Teknokrat Indonesia
  • Panti Wahyu Ningsih Universitas Teknokrat Indonesia

Abstract

Kota Bandar Lampung yang merupakan salah satu kota metropolitan di Indonesia yang berkembang sangat pesat. Salah satu pembangunan yang juga memberikan pelayanan kepada Masyarakat yaitu pelayanan jalan perintis dalam mendukung perkembangan transportasi darat di desa hanura. Beberapa ruas jalan merupakan jalan Perintis yang merupakan penghubung utama di Kota Bandar Lampung. Salah satunya adalah jalan Laksamana Mahalayati ( Gudang Garam ) sampai jalan Way Ratai ( Desa Hanura ). Tujuan dari penelitian yakni: Menemukenali faktor – faktor yang mempengaruhi penilaian layanan angkutan jalan perintis dengan metode IPA (Performance Analysis) dan CSI (Customer Satifcation Index). Dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kinerja pelayanan angkutan jalan perintis. Hasil dari penelitian menggunakan metode IPA 11 fasilitas pada kuadran 1, 8 fasilitas pada kuadran 2, 15 fasilitas pada kuadran 3, 16 fasilitas pada kuadran 4, dengan CSI menunjukan hasil Cukup Puas dengan dengan nilai indeks 0,63 Penelitian ini telah memberikan beberapa rekomendasi demi memenuhi harapan pengguna angkutan jalan perintis, berupa:Memperbaiki komunikasi dengan pengguna angkutan, informasi jadwal keberangkatan, kebersihan angkutan, dibutuhkan Halte dengan fasilitas lengkap.

Published
Jun 28, 2024
How to Cite
AGATA, Ardian Panggar Setyawan; JAMALUDIN, Jamaludin; NINGSIH, Panti Wahyu. FAKTOR PENGARUH LAYANAN ANGKUTAN JALAN PERINTIS TERHADAP MOBILITAS MASYARAKAT DI DAERAH DESA HANURA KECAMATAN TELUK PANDAN KABUPATEN PESAWARAN DENGAN METODE IPA(IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS), DAN CSI (CUSTOMER SATISFACTION INDEX). Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 3, p. 456 - 463, june 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4579>. Date accessed: 22 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i3.4579.
Section
Artikel