PENGARUH CONTENT MARKETING, CELEBRITY ENDORSEMENT, DAN E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO)

  • Diah Rahmadani Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Rizky Eka Febriansah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Mochamad Rizal Yulianto Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Alshaf Pebrianggara Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variabel-variabel Content Marketing (X1), Celebrity Endorsement (X2), dan e-WOM (X3) terhadap keputusan Pembelian (Y) produk di Shopee. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Skala Pengukuran dilakukan dengan menggunakan skala Likert, Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Shopee dengan total sampel sebanyak 100 responden. Metode yang digunakan untuk menganalisis adalah Accidental Sampling dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Kemudian, data tersebut diolah menggunakan IBM SPSS Versi 25. Hasil penelitian ini yaitu Content Marketing, Celebrity Endorsement, dan e-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Pernyataan tersebut dibuktikan dengan hasil t-hitung Content Marketing sebesar 2,958, hasil t-hitung Celebrity Endorsement sebesar 2,013, dan hasil t-hitung e-WOM sebesar 6,146. Dapat disimpulkan bahwa Content Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Celebrity Endorsement berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, dan e-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian.

Published
Jun 21, 2024
How to Cite
RAHMADANI, Diah et al. PENGARUH CONTENT MARKETING, CELEBRITY ENDORSEMENT, DAN E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO). Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 3, p. 77 - 91, june 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4402>. Date accessed: 22 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i3.4402.
Section
Artikel