PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL MEMBACA SISWA KELAS 1 SD NEGERI SEGERAN IV INDRAMAYU TAHUN AJARAN 2021/2022

  • Farihiyah Farihiyah STKIP Pangeran Dharma Kusuma Indrmayu
  • Andre Agachi Purba Universitas Darma Agung

Abstract

Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini ialah kurangnya pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran yang disebabkan oleh minimnya perhatian peserta didik selama proses belajar dan kurangnya variasi dari guru dalam menggunakan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk memberikan deskripsi tentang bagaimana penggunaan media kartu huruf pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini ialah peserta didik kelas I SD pada tema 1 "Diri Sendiri" dengan Sub Tema "Teman Baru". Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan melibatkan observasi dan tes tertulis. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II, dengan setiap siklus melibatkan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh dari kelas I SD Negeri Segeran IV Kab. Indramayu pada tema I Pembelajaran Bahasa Indonesia menunjukkan adanya peningkatan konsep peserta didik setelah menerapkan penggunaan kartu huruf. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan rata-rata kelas yang meningkat dari 69,1% pada siklus I menjadi 96,9% pada siklus II. Data tersebut mengindikasikan bahwa pemahaman konsep mmbaca peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan kartu huruf mengalami peningkatan yang signifikan.

Published
Dec 28, 2022
How to Cite
FARIHIYAH, Farihiyah; PURBA, Andre Agachi. PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL MEMBACA SISWA KELAS 1 SD NEGERI SEGERAN IV INDRAMAYU TAHUN AJARAN 2021/2022. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 30, n. 3, p. 627 - 634, dec. 2022. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4269>. Date accessed: 04 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i3.4269.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)