PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL MEMBACA SISWA KELAS 1 SD NEGERI SEGERAN IV INDRAMAYU TAHUN AJARAN 2021/2022
Abstract
Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini ialah kurangnya pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran yang disebabkan oleh minimnya perhatian peserta didik selama proses belajar dan kurangnya variasi dari guru dalam menggunakan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk memberikan deskripsi tentang bagaimana penggunaan media kartu huruf pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini ialah peserta didik kelas I SD pada tema 1 "Diri Sendiri" dengan Sub Tema "Teman Baru". Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan melibatkan observasi dan tes tertulis. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II, dengan setiap siklus melibatkan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh dari kelas I SD Negeri Segeran IV Kab. Indramayu pada tema I Pembelajaran Bahasa Indonesia menunjukkan adanya peningkatan konsep peserta didik setelah menerapkan penggunaan kartu huruf. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan rata-rata kelas yang meningkat dari 69,1% pada siklus I menjadi 96,9% pada siklus II. Data tersebut mengindikasikan bahwa pemahaman konsep mmbaca peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan kartu huruf mengalami peningkatan yang signifikan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).