STRATEGY FORMULATION OF PT XYZ USING SWOT: CASE OF AN AIRLINE COMPANY

  • Cristian Abimanyu Institut Teknologi Bandung
  • Gatot Yudoko Institut Teknologi Bandung

Abstract

Industri penerbangan merupakan industri yang dinamis dan kompleks. Bagi sebuah perusahaan untuk dapat unggul di industri ini, diperlukan pemanfaatan tenaga, sumber daya, dan tentunya strategi yang tepat untuk mencapai tujuan tertentu. PT XYZ, sebagai perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang baru memasuki industri penerbangan reguler Indonesia, menghadapi tantangan dengan sumber daya yang masih tergolong minim dibandingkan pesaingnya. Sistem operasional yang tradisional sedang mengalami transisi, didukung dengan koordinasi bersama seluruh pegawai. Untuk mencapai objektifnya sebagai anak perusahaan Badan Usaha Milik Negara, yaitu menghasilkan keuntungan dan memberikan nilai bagi masyarakat, PT XYZ harus merumuskan pandangan dan strategi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan formulasi strategi yang berpotensi dapat digunakan oleh PT XYZ dalam mencapai tujuan strategis perusahaan, baik untuk jangka waktu yang panjang, menengah, maupun pendek. Penelitian ini menggunakan metode manajemen strategi dan analisis lingkungan bisnis, serta menerapkan SWOT dan TOWS. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi-terstruktur dengan pemangku kepentingan perusahaan, serta analisis artikel dan portal berita terkait. Penelitian ini kemudian menghasilkan beberapa pilihan langkah strategis yang dapat digunakan oleh PT XYZ untuk memanfaatkan kesempatan dan sumber daya yang dimilikinya.

Published
May 1, 2024
How to Cite
ABIMANYU, Cristian; YUDOKO, Gatot. STRATEGY FORMULATION OF PT XYZ USING SWOT: CASE OF AN AIRLINE COMPANY. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 2, p. 779 - 791, may 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4265>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i2.4265.
Section
Artikel