ANALYZING THE EFFICIENT EXECUTION OF IN-STORE REPLENISHMENT PROCESS BY USING LEAN SIX SIGMA FRAMEWORK IN RETAIL BUSINESS

  • Ratna Endah Pratiwi Institut Teknologi Bandung
  • Gatot Yudoko Institut Teknologi Bandung

Abstract

Peretail memanfaatkan rak untuk memamerkan produk mereka kepada pelanggan, memerlukan keputusan tentang cara mengalokasikan ruang penjualan untuk setiap item. Karena produk di rak secara bertahap habis melalui pembelian pelanggan, pengecer harus mengisi kembali rak secara teratur. "Sistem Pengisian Ulang" memainkan peran penting dalam memenuhi harapan pelanggan dengan memastikan barang yang diproduksi tersedia. Dengan rangkaian produk yang luas dan permintaan pelanggan yang terus meningkat, mengelola ruang penyimpanan yang tersedia menjadi faktor penting dalam menjaga efisiensi pengisian ulang secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses pengisian ulang di dalam toko yang relevan dan biaya terkait untuk Bisnis Ritel. Dengan memanfaatkan metode lean six-sigma yang dikenal sebagai Define-Measure-Analyze-Improve-Control (DMAIC) untuk mengidentifikasi proses pengisian ulang, penelitian ini menggunakan kombinasi pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Temuan penelitian ini digunakan untuk mengembangkan proses optimalisasi yang secara bersamaan meningkatkan manajemen ruang penjualan dan proses pengisian ulang di dalam toko.

Published
Oct 31, 2023
How to Cite
PRATIWI, Ratna Endah; YUDOKO, Gatot. ANALYZING THE EFFICIENT EXECUTION OF IN-STORE REPLENISHMENT PROCESS BY USING LEAN SIX SIGMA FRAMEWORK IN RETAIL BUSINESS. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 5, p. 485 - 498, oct. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3743>. Date accessed: 15 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i5.3743.
Section
Artikel