PERAN TEKNOLOGI CLOUD COMPUTING DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI DAN KEAMANAN PROSES AKUNTANSI: TINJAUAN TERHADAP PERUBAHAN PARADIGMA DALAM MANAJEMEN DATA KEUANGAN

  • Khairul Marlin UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Klemens Mere Universitas Wisnuwardhana Malang
  • Sri Adella Fitri UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Dwiyanjaya Santyo Nugroho Universitas Media Nusantara Citra
  • Dwi Koerniawati UIN Sunan Ampel Surabaya

Abstract

Artikel ini merupakan tinjauan tentang peran teknologi Cloud Computing dalam meningkatkan efisiensi dan keamanan proses akuntansi, dengan fokus pada perubahan paradigma dalam manajemen data keuangan. Cloud Computing telah menjadi fondasi bagi transformasi digital di berbagai sektor, termasuk bidang akuntansi. Artikel ini mencermati dampak positif Cloud Computing pada efisiensi operasional dan keamanan data keuangan, mengidentifikasi berbagai aspek teknologi tersebut yang memperkuat proses akuntansi. Dalam konteks ini, artikel membahas bagaimana Cloud Computing memungkinkan akses real-time terhadap data keuangan, memfasilitasi kolaborasi tim secara efisien, dan mengoptimalkan penyimpanan serta pengelolaan informasi keuangan. Selain itu, artikel ini menyoroti keamanan data yang ditingkatkan melalui infrastruktur Cloud yang canggih, termasuk enkripsi data dan pengelolaan akses yang lebih baik. Dengan menggabungkan literatur terkini dan penemuan praktis, artikel ini memberikan wawasan mendalam mengenai dampak teknologi Cloud Computing pada praktik akuntansi. Diharapkan, pemahaman lebih lanjut tentang peran Cloud Computing ini dapat membimbing organisasi dalam mengoptimalkan proses akuntansi mereka, mencapai efisiensi yang lebih tinggi, dan menjaga keamanan data keuangan dengan lebih baik.

Published
May 3, 2024
How to Cite
MARLIN, Khairul et al. PERAN TEKNOLOGI CLOUD COMPUTING DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI DAN KEAMANAN PROSES AKUNTANSI: TINJAUAN TERHADAP PERUBAHAN PARADIGMA DALAM MANAJEMEN DATA KEUANGAN. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 2, p. 1044 - 1055, may 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4152>. Date accessed: 23 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i2.4152.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)