STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA PEMATANG JOHAR KABUPATEN DELI SERDANG PROVINSI SUMATERA UTARA

  • Muhammad Dwi Syahputra Politeknik Pariwisata Medan
  • Emrizal Emrizal Politeknik Pariwisata Medan
  • Ngatemin Ngatemin Politeknik Pariwisata Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskribsikan  Strategi Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Wisata Pematang Johar Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara. Populasi penelitian ini adalah pengelola Wisata Sawah desa wisata Pematang Johar, pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) dan masyarakat desa Pematang Johar Kecamatan Percut Sei. Tuan, Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara. Variabel yang dianalisis dalam penelitian ini yaitu terkait dengan Pemberdayaan Masyarakat, tujuan dan tahapan serta faktor pendukung dan penghambat pemberdayaan masyarakat di Desa Wisata Pematang Johar. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan variabel penelitian dalam pengukuran dan tidak menggunakan statistik inferensial karena tidak ada hipotesis dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan Desa Wisata Pematang Johar dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu tahap penyadaran, tahap pengkapasitasan dan tahap pendayaan. 2. Sebagai faktor penghambat yaitu kurangnya kesadaran masyarakat terhadap perubahan yang ada di lingkungan mereka, dan kurangnya perhatian dari pihak dinas terkait. sedangkan faktor pendukung yang ada meliputi, semangat dan motivasi dari semua pengurus maupun anggota, dorongan dari keluarga, sikap kekeluargaan yang ada, tidak ada jenjang sosial antara bawahan dan atasan, sikap gotong royong yang masih kental, dan pengurus yang kreatif dan mampu mengayomi anak buahnya. 3. Strategi Pemberdayaan Masyarakat dalam pengembangan Desa Wisata Pematang Johar antara lain melalui : a) bantuan modal, b) adanya bantuan pendampingan untuk menciptakan, mengkondisikan iklim kelompok yang harmonis, serta memfasilitasi terjadinya proses saling kerja sama dalam kelompok,  c) adanya penguatan kelembagaan dan d) penguatan kemitraan.

Published
Dec 26, 2023
How to Cite
SYAHPUTRA, Muhammad Dwi; EMRIZAL, Emrizal; NGATEMIN, Ngatemin. STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA PEMATANG JOHAR KABUPATEN DELI SERDANG PROVINSI SUMATERA UTARA. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 6, p. 370 - 378, dec. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3906>. Date accessed: 09 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i6.3906.
Section
Artikel