PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN PRODUK WISATA BERBASIS KARAKTERISTIK WISATAWAN
Abstract
Tujuan penulisan tesis ini adalah untuk mendapatkan tipe dan preferensi wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Denai Lama serta membuat rekomendasi produk sesuai karakteristik wisatawan. Untuk menjawab tujuan tersebut digunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teori Cohen, 1979 tentang Tipologi Wisatawan. Ditemukan bahwa tipe wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Denai Lama adalah wisatawan recreational yaitu wisatawan yang melakukan perjalanan wisata dengan tujuan untuk melakukan rekreasi fisik. Beberapa produk wisata yang direkomendasikan sesuai tipe wisatawan tersebut adalah keterlibatan wisatawan dalam pembuatan kuliner tradisional, keterlibatan wisatawan dalam pembuatan kerajinan tangan khas Desa Wisata Denai Lama, dan membuat paket wisata sepeda santai bagi kaum ibu. Untuk mendukung kenyamanan dan kelancaran aktivitas wisata maka disarankan untuk memperbaiki kualitas jaringan internet, pemasangan wi-fi serta pemanfaatan aplikasi digital bagi usaha kuliner tradisional yang ada di Desa Wisata Denai Lama.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).