PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN SISTEM PEMBELAJARAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI EMPIRIS MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI DI UNIVERSITAS DARMA AGUNG)

  • Hormaingat Damanik Universitas Darma Agung
  • Yannuke Patricia Siahaan Universitas Darma Agung
  • Sujasni Halawa Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dengan Sistem Pembelajaran Sebagai Variabel Moderating pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi di Universitas Darma Agung. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa yang berstatus aktif dalam sistem perkuliahan di Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi di Universitas Darma Agung. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 50 orang. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dan uji interaksi kemudian menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 26 for windows dengan menggunakan Uji F (Anova) dan Uji T (Parsial). Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa secara bersama-sama (Uji-F) semua variabel independen mempengaruhi pemahaman akuntansi. Kemudian dalam Uji-T hanya variabel independen Kecerdasan Intelektual saja yang mempengaruhi pemahaman akuntansi secara signifikan. Sedangkan Variabel Kecerdasan Emosional dan Perilaku Belajar tidak mempengaruhi pemahaman akuntansi. Dan Sistem pembelajaran tidak mampu memoderasi Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Perilaku Belajar sebagaimana diperlihatkan dari hasil uji yang tidak mempunyai nilai yang kuat dan tidak signifikan.

Published
Jun 28, 2023
How to Cite
DAMANIK, Hormaingat; SIAHAAN, Yannuke Patricia; HALAWA, Sujasni. PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN SISTEM PEMBELAJARAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI EMPIRIS MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI DI UNIVERSITAS DARMA AGUNG). Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 3, p. 198-211, june 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3422>. Date accessed: 01 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i3.3422.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>