PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA IMELDA MEDAN T.P. 2017/2018

  • Jelita Panjaitan Universitas Darma Agung
  • Jelita Panjaitan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA  Swasta Imelda Medan T.P. 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA  Swasta Imelda Medan yang terdiri dari 3 kelas paralel dengan jumlah 105 siswa. Sampel penelitian diambil 2 kelas dengan cara acak (cluster random sampling) yaitu kelas X1 dan kelas X2. Dimana kelas X1 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan kelas X2 sebagai kelas kontrol yang menerapkan Model Pembelajaran Langsung. Masing-masing kelas berjumlah 36 siswa. Instrumen dalam penelitian ini digunakan dengan tes pilihan berganda dengan jumlah soal 20 item yang sebelumnya diujicobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas data. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen dan berdistribusi normal. Hasil analisis data pretes nilai rata-rata pretes untuk kelas eksperimen adalah 48,19 dengan standar deviasi 8,43 dan nilai rata-rata pretes untuk kelas kontrol adalah 46,11 dengan standar deviasi 5,79. Dari hasil uji kemampuan awal diperoleh thitung = 1,198 dan ttabel = 1,997. Karena thitung  ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Kemudian diberi perlakuan. Setelah pembelajaran berakhir, dilakukan postes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 71,67 dengan standar deviasi 10,27 dan nilai rata-\rata postes kelas kontrol adalah 66,39 dengan standar deviasi 9,18. Hasil uji statistik uji t pada taraf signifikan 0,05 dan dk = 70 diperoleh harga thitung = 2,731 dan ttabel = 1,668. Karena thitung  tabel hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA  Swasta Imelda Medan T.P. 2017/2018.

Published
Oct 2, 2018
How to Cite
PANJAITAN, Jelita; PANJAITAN, Jelita. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA IMELDA MEDAN T.P. 2017/2018. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 26, n. 1, p. 476-487, oct. 2018. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/30>. Date accessed: 23 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v26i1.30.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3