PERAN KEBIJAKAN MUTASI DAN PENEMPATAN KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN DAN KUALITAS KERJA KARYAWAN OUTSOURCING PERUSAHAAN: REVIEW LITERATURE

  • Tirta Mulyadi Politeknik Pariwisata Batam
  • Muhammad Fatkhurohman Albashori Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta
  • Pandu Adi Cakranegara Universitas Presiden, Bekasi
  • Muh. Abduh. Anwa Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang, Rappang
  • Darmawati Manda Universitas Bosowa, Makassar

Abstract

Kebijakan mutase yang diterapkan perusahaan memberikan dampak positif pada perusahaan. Mutase tersebut bisa berupakan penghargaan pada karyawan supaya merasa puas dan dapat meningkatkan kualitas kerjanya. Mutase berhubungan dengan penempatan kerja karyawan pada posisi tertentu. Oleh karena itu, diperlukan upaya strategi yang baik supaya tidak terjadi kesalahan dalam penempatan kerja karyawan supaya tidak berdampak negative pada kepuasan dan kinerja karyawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literature dengan mereview beberapa hasil penelitian sebelumnya yang bersumber dari artikel-artikel berupatsi nasional dan internasional. Hasil penelitian tersebut dianalisis, dan dijadikan bahan diskusi untuk menentukan jawaban dari permasalahan mengenai hubungan kebijakan mutase dan penempatan kerja karyawan pada kepausan dan kualitas kerja karyawan. Semua gagasan dari setiap kajian memberikan informasi mengenai teori yang diinginkan secara metodelogis terhadap kajian yang dianalisis. Hasil review literature menunjukkan bahwa terdapat hubungan postif antara kebijakan mutase dan penempatan kerja karyawan pada kepuasan dan kualitas kerja karyawan.

Published
Dec 26, 2022
How to Cite
MULYADI, Tirta et al. PERAN KEBIJAKAN MUTASI DAN PENEMPATAN KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN DAN KUALITAS KERJA KARYAWAN OUTSOURCING PERUSAHAAN: REVIEW LITERATURE. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 30, n. 3, p. 505 - 520, dec. 2022. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/2612>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i3.2612.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)