PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL DALAM PEMBELAJARAN IPS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 PEMATANG SIANTAR T.A 2022/2023

  • Yeremia Rivaldo Butar-Butar Universitas HKBP Nommensen,Pematang Siantar
  • Susy Alestriani Sibagariang Universitas HKBP Nommensen,Pematang Siantar
  • Debbi Petra Meyana Sitorus Universitas HKBP Nommensen,Pematang Siantar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 9 Pematang Siantar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran visual dalam pembelajaran IPS terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 9 Pematangsiantar T.A 2022/2023.Metode penelitian menggunakan kelas eksperimen yang terdiri dari empat kelas eksperimen subjek penelitian ini kelas VII-1, VII-2, VII-7, VII-8, yang terdiri dari 32 siswa perkelasnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Dari hasil analisis data diperoleh prestasi belajar siswa pada kelas VII-1 mengalami peningkatan sebesar 37,31 dari nilai rata-rata 48,94 menjadi 86,31. Pada kelas VII-2 mengalami peningkatan sebesar 35,21 dari nilai rata-rata 50,63 menjadi 85,84. Pada kelas VII-7 mengalami peningkatan sebesar 35,32 dari nilai rata-rata 46,34 menjadi 81,66. Pada kelas VII-8 mengalami peningkatan sebesar 49,72 dari nilai rata-rata 38,72 menjadi 87,84.Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan media pembelajaran visual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas VII IPS SMP Negeri 9 Pematang Siantar T.A 2022/2023.

Published
Nov 16, 2022
How to Cite
BUTAR-BUTAR, Yeremia Rivaldo; SIBAGARIANG, Susy Alestriani; SITORUS, Debbi Petra Meyana. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL DALAM PEMBELAJARAN IPS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 PEMATANG SIANTAR T.A 2022/2023. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 30, n. 3, p. 620 - 626, nov. 2022. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/2275>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i3.2275.
Section
Artikel