@article{OJSUDA, author = {Yeremia Butar-Butar and Susy Sibagariang and Debbi Sitorus}, title = { PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL DALAM PEMBELAJARAN IPS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 PEMATANG SIANTAR T.A 2022/2023}, journal = {Jurnal Darma Agung}, volume = {30}, number = {3}, year = {2022}, keywords = {}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 9 Pematang Siantar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran visual dalam pembelajaran IPS terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 9 Pematangsiantar T.A 2022/2023.Metode penelitian menggunakan kelas eksperimen yang terdiri dari empat kelas eksperimen subjek penelitian ini kelas VII-1, VII-2, VII-7, VII-8, yang terdiri dari 32 siswa perkelasnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Dari hasil analisis data diperoleh prestasi belajar siswa pada kelas VII-1 mengalami peningkatan sebesar 37,31 dari nilai rata-rata 48,94 menjadi 86,31. Pada kelas VII-2 mengalami peningkatan sebesar 35,21 dari nilai rata-rata 50,63 menjadi 85,84. Pada kelas VII-7 mengalami peningkatan sebesar 35,32 dari nilai rata-rata 46,34 menjadi 81,66. Pada kelas VII-8 mengalami peningkatan sebesar 49,72 dari nilai rata-rata 38,72 menjadi 87,84.Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan media pembelajaran visual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas VII IPS SMP Negeri 9 Pematang Siantar T.A 2022/2023.}, issn = {2654-3915}, pages = {620--626}, doi = {10.46930/ojsuda.v30i3.2275}, url = {https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/2275} }