PERENCANAAN KOMUNIKASI PARIWISATA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA HILISATARO NANDISA MENUJU DESA WISATA BERBASIS SUSTAINABLE TOURISM DEVELOPMENT.

  • Elok Perwirawati Universitas Darma Agung
  • Bantors Sihombing Universitas Darma Agung
  • Prietsaweny Riris T Simamora Universitas Darma Agung

Abstract

Tujuan dari riset ini adalah untuk membantu masyarakat desa Hilisataro Nandisa merencanakan pengembangan kepariwisataan di desa sekaligus menumbuhkan partisipasi masyarakat dalam membangun dan memajukan desanya menuju desa wisata melalui sumber daya alam yang dimiliki desa tersebut. Melalui perencanaan komunikasi pariwisata ini akan dihasilkan rancangan model pengembangan pariwisata dari perspektif ilmu komunikasi untuk membantu masyarakat di desa Hilisataro Nandisa, tidak hanya memasarkan produk wisata namun juga menemukan bentuk komunikasi yang tepat sehingga sinergitas antara masyarakat desa, stakeholder pemerintah desa dan pemerintah daerah dapat terjalin dengan baik sehingga pengembangan desa menuju desa wisata berbasis pariwisata berkelanjutan dapat terealisasikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian dengan cara mendeskripsikan dalam bentuk kata-kata dan bahasa. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk merancang perencanaan komunikasi pariwisata dalam pemberdayaan masyarakat desa menuju desa wisata harus dirancang dan disesuaikan dengan Peraturan Daerah Kabupaten Nias Selatan Nomor 5 Tahun 2018 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nias Selatan Tahun 2017-2025 agar arah pengembangan pariwisata di desa Hilisataro Nandisa menuju desa wisata tetap berada pada misi pembangunan kepariwisataan daerah dan sejalan dengan visi serta misi desa. Selain itu segala permasalahan desa terkait regulasi, kordinasi, distribusi, riset, tenaga dan pelatihan untuk pengembangan desa menuju desa wisata dapat diselesaikan dengan terapi komunikasi.

Published
Aug 6, 2022
How to Cite
PERWIRAWATI, Elok; SIHOMBING, Bantors; SIMAMORA, Prietsaweny Riris T. PERENCANAAN KOMUNIKASI PARIWISATA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA HILISATARO NANDISA MENUJU DESA WISATA BERBASIS SUSTAINABLE TOURISM DEVELOPMENT.. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 30, n. 2, p. 321-338, aug. 2022. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/1677>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i2.1677.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>