KINERJA PEGAWAI KANTOR DESA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN MASYARAKAT DI DESA HILIMAUFA KECAMATAN MAZO KABUPATEN NIAS SELATAN

  • Sokhizanolo Laia Universitas Darma Agung
  • Elisabeth Sitepu Universitas Darma Agung
  • Elok Perwirawati Universitas Darma Agung

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui kendala apa yang dihadapi Aparatur Kantor Desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan  bagaimana upaya Kepala Desa Hilimaufa Kecamatan Mazo Kabupaten Nias Selatan dalam meningkatkan pelayanan Kepada Masyarakat Desa Hilimaufa. Jenis penelitian skripsi ini adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis, diperoleh hasil dan kesimpulannya adalah kendala yang dihadapi Aparatur Kantor Desa dalam memberikan  pelayanan kepada masyarakat Desa Hilimaufa Kecamatan Mazo Kabupaten Nias Selatan adalah pertama Kedisiplinan yang masih jadi permasalahan umum, dan kedua Faktor Pedidikan yang rendah. Upaya Kepala Desa Hilimaufa dalam meningkatkan pelayanan, pertama meningkatkan tingkatan pendidikan pegawai di kantor desa, kedua,adanya  kontrol atau pengawasan untuk para aparatur agar dapat mentaati peraturan yang berlaku ketiga perlu adanya sanksi yang tegas yang diberikan kepada aparatur ketika melakukan kesalahan atau tidak mentaati peraturan yang berlaku.

Published
Apr 30, 2022
How to Cite
LAIA, Sokhizanolo; SITEPU, Elisabeth; PERWIRAWATI, Elok. KINERJA PEGAWAI KANTOR DESA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN MASYARAKAT DI DESA HILIMAUFA KECAMATAN MAZO KABUPATEN NIAS SELATAN. JURNAL GOVERNANCE OPINION, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 7-15, apr. 2022. ISSN 2716-3407. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/governanceopinion/article/view/1517>. Date accessed: 02 mar. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>